AI Siap Mengubah Total Dunia Gaming: Dari Pembuatan Hingga Cara Bermain
Courtesy of CNBCIndonesia

AI Siap Mengubah Total Dunia Gaming: Dari Pembuatan Hingga Cara Bermain

Menginformasikan bagaimana kecerdasan buatan akan merevolusi industri gim secara menyeluruh, dari pembuatan hingga pengalaman bermain, serta menunjukkan peluang dan tantangan yang muncul di sektor ini.

02 Nov 2025, 07.00 WIB
283 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kecerdasan buatan diprediksi akan mengubah cara gim dibuat dan dimainkan.
  • Razer mengembangkan alat berbasis AI untuk meningkatkan pengalaman bermain dan efisiensi pengembangan gim.
  • Meskipun ada skeptisisme, potensi AI dalam industri gim diyakini sangat besar dan dapat melahirkan inovasi baru.
Singapura, Singapura - Industri gim global saat ini sangat besar, dengan 3,6 miliar pemain dan pendapatan mencapai 189 miliar dolar AS per tahun. Teknologi kecerdasan buatan (AI) dipercaya akan menjadi pengubah utama di sektor ini, menawarkan berbagai inovasi mulai dari pembuatan gim hingga pengalaman bermain.
Min-Liang Tan, CEO Razer, menjelaskan bahwa AI akan mengguncang dunia gim secara total dengan membantu pengembang menciptakan konten dan memungkinkan pemain mendapatkan saran bermain secara otomatis lewat teknologi seperti Game Co-AI yang akan dirilis akhir 2025.
Selain membantu gamer, AI juga digunakan untuk otomatisasi quality assurance lewat AI QA Companion yang dapat mendeteksi dan merekomendasikan perbaikan bug, sehingga mengurangi biaya dan waktu proses pengujian gim yang selama ini cukup besar.
Di dunia esports, AI belum digunakan saat pertandingan tetapi sangat potensial untuk pelatihan atlet esports di masa depan. Meski demikian, beberapa pemimpin industri seperti Strauss Zelnick masih meragukan AI bisa menggantikan kreativitas manusia.
Razer optimis AI tidak akan menggantikan pekerjaan manusia, tetapi justru menyingkirkan pekerjaan membosankan sehingga kreator dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting seperti inovasi dan kreativitas, serta AI dari gaming juga bisa memunculkan industri baru di masa depan.
Referensi:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20251102000931-37-681392/era-baru-gaming-dimulai-ai-akan-kuasai-industri-bernilai-rp3000-t

Analisis Ahli

Min-Liang Tan
"AI bukan ancaman bagi pekerjaan manusia, tapi alat untuk menghapus tugas membosankan dan membantu kreator lebih fokus pada kreativitas."

Analisis Kami

"Pemanfaatan AI dalam industri gim adalah revolusi yang sudah sangat diperlukan karena mampu mempercepat proses dan meningkatkan kualitas produk tanpa menghilangkan sentuhan kreatif pengembang. Namun, perlu pengawasan ketat agar AI tidak mengurangi nilai orisinalitas dan pengalaman pemain yang selama ini menjadi kekuatan utama gim."

Prediksi Kami

Dalam satu sampai dua tahun ke depan, kemungkinan akan muncul gim besar yang sepenuhnya dibuat dengan bantuan AI, menghapus tugas membosankan dan memperkuat peran kreativitas manusia.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diyakini Min-Liang Tan tentang pengaruh kecerdasan buatan dalam industri gim?
A
Min-Liang Tan percaya bahwa kecerdasan buatan akan mengubah total cara gim dibuat, dimainkan, dan dipasarkan.
Q
Apa saja inovasi yang dikembangkan oleh Razer terkait kecerdasan buatan?
A
Inovasi yang dikembangkan oleh Razer termasuk Game Co-AI, yang memberikan saran kepada gamer, dan AI QA Companion, yang mendeteksi dan mencatat bug secara otomatis.
Q
Bagaimana kecerdasan buatan dapat mengubah proses quality assurance dalam pengembangan gim?
A
Kecerdasan buatan dapat membuat proses quality assurance lebih efisien dan mengurangi biaya, dengan meningkatkan efektivitas tester manusia.
Q
Apa pandangan Strauss Zelnick tentang kecerdasan buatan dalam industri gim?
A
Strauss Zelnick skeptis bahwa kecerdasan buatan dapat menandingi kreativitas pengembang manusia.
Q
Mengapa Min-Liang Tan percaya bahwa AI akan melahirkan industri baru di masa depan?
A
Min-Liang Tan percaya bahwa AI dapat mengembangkan industri baru, mirip dengan inovasi teknologi masa lalu yang berawal dari dunia gaming.