Setiap 100 Pelajar Tiongkok di AS Dorong Penambahan Program Master STEM
Courtesy of SCMP

Setiap 100 Pelajar Tiongkok di AS Dorong Penambahan Program Master STEM

Memaparkan bahwa kedatangan mahasiswa Tiongkok di program master STEM di AS tidak mengurangi kesempatan mahasiswa lokal, melainkan mendorong penambahan program dan memperluas akses pendidikan.

06 Nov 2025, 11.00 WIB
124 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Mahasiswa Tiongkok memberikan kontribusi signifikan terhadap pendidikan tinggi di AS.
  • Pernyataan politik tentang mahasiswa asing yang menggeser mahasiswa AS tidak didukung oleh data penelitian.
  • Pertumbuhan jumlah mahasiswa Tiongkok berkontribusi pada peningkatan program master di universitas-universitas AS.
Cambridge, Amerika Serikat - Dalam dua dekade terakhir, jumlah mahasiswa di Tiongkok meningkat drastis dari satu juta menjadi hampir sepuluh juta per tahun. Karena tingginya jumlah lulusan, banyak dari mereka memilih untuk melanjutkan studi ke luar negeri, terutama Amerika Serikat.
Sebuah studi oleh National Bureau of Economic Research mengungkap bahwa untuk setiap 100 lulusan asal Tiongkok, sekitar tiga sampai empat dari mereka melanjutkan studi master di AS, khususnya di bidang STEM yang meliputi sains, teknologi, teknik, dan matematika.
Penelitian itu juga menemukan hubungan positif yang menarik, yaitu setiap 100 mahasiswa Tiongkok yang masuk program master di AS mendorong universitas menambah satu program master STEM baru. Ini berarti mahasiswa internasional membantu memperluas kapasitas dan pilihan pendidikan di AS.
Hasil ini berlawanan dengan pandangan beberapa politisi AS yang menganggap bahwa mahasiswa asing mengurangi kesempatan bagi mahasiswa Amerika, karena penelitian menunjukkan adanya efek 'crowding in,' yaitu penambahan mahasiswa asing justru menambah peluang bagi mahasiswa lokal.
Dengan bertambahnya program dan kesempatan yang tersedia, universitas di AS dapat menjalankan peran sebagai pusat pendidikan global yang lebih inklusif, sekaligus berkontribusi pada penguatan ekonomi lokal di kota-kota kampus melalui kehadiran mahasiswa internasional.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/news/china/science/article/3331589/chinese-student-boom-helps-create-more-college-places-americans-study-finds?module=top_story&pgtype=subsection

Analisis Ahli

Stuart Rojstaczer (Ahli Pendidikan Tinggi)
"Pertumbuhan mahasiswa internasional, terutama dari Tiongkok, telah menjadi motor penggerak inovasi dan pendanaan di universitas AS, yang membantu meningkatkan kualitas dan variasi program akademik."

Analisis Kami

"Fenomena ini menunjukkan bahwa globalisasi pendidikan memberikan manfaat yang nyata dan saling menguntungkan, tidak hanya untuk pelajar asing tetapi juga mahasiswa domestik di AS. Namun, masih perlu disikapi dengan hati-hati agar pembangunan program dan kapasitas universitas bisa berkelanjutan tanpa ketergantungan terlalu besar pada mahasiswa internasional."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun ke depan, universitas-universitas di AS kemungkinan akan terus memperluas program STEM dan jumlah pendaftar internasional karena efek positif kedatangan mahasiswa Tiongkok.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa dampak dari mahasiswa Tiongkok yang belajar di AS terhadap pendidikan pascasarjana?
A
Mahasiswa Tiongkok yang belajar di AS membantu meningkatkan pendidikan pascasarjana dan ekonomi lokal di kota-kota kampus.
Q
Berapa banyak program master baru yang ditambahkan oleh universitas AS untuk setiap 100 mahasiswa master Tiongkok?
A
Universitas AS menambahkan sekitar satu program master baru untuk setiap 100 mahasiswa master Tiongkok.
Q
Apa yang dikatakan para peneliti tentang klaim bahwa mahasiswa asing menggeser mahasiswa AS?
A
Para peneliti menyatakan bahwa aliran mahasiswa Tiongkok telah membantu menciptakan lebih banyak tempat untuk mahasiswa AS dan internasional lainnya.
Q
Apa jenis program yang paling banyak diambil oleh mahasiswa Tiongkok di universitas AS?
A
Sebagian besar mahasiswa Tiongkok di universitas AS mengambil program master di bidang STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika).
Q
Apa yang dimaksud dengan 'crowding in' dalam konteks artikel ini?
A
'Crowding in' merujuk pada pola di mana tambahan mahasiswa Tiongkok berkaitan dengan peningkatan jumlah mahasiswa master AS.