Setiap 100 Mahasiswa China di AS Ciptakan Program Master STEM Baru
Courtesy of SCMP

Setiap 100 Mahasiswa China di AS Ciptakan Program Master STEM Baru

Menunjukkan bahwa kehadiran mahasiswa China di AS justru memicu pertumbuhan program master STEM dan menambah kesempatan bagi mahasiswa AS, bukan menggeser posisi mereka.

06 Nov 2025, 11.19 WIB
239 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Ekspansi pendidikan tinggi di China telah berdampak positif pada pendidikan pascasarjana di AS.
  • Kedatangan mahasiswa China di AS tidak mengurangi kuota mahasiswa lokal, tetapi justru meningkatkan peluang bagi mereka.
  • Studi menunjukkan bahwa mahasiswa internasional dapat berkontribusi pada ekonomi lokal di kota-kota universitas di AS.
Cambridge, Amerika Serikat - Jumlah mahasiswa sarjana di China telah mengalami peningkatan besar, dari 1 juta pada 1999 menjadi hampir 10 juta pada 2020. Lonjakan ini menyebabkan banyak lulusan China yang melanjutkan studi pascasarjana, terutama di Amerika Serikat, banyak di bidang STEM.
Penelitian dari National Bureau of Economic Research menemukan bahwa untuk setiap 100 mahasiswa master dari China, universitas di AS menambah satu program master STEM baru. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa China mendorong bertambahnya pilihan program dan kapasitas universitas.
Studi ini juga membantah klaim politik yang mengatakan mahasiswa asing, terutama kaya dari China, mengambil tempat mahasiswa AS. Justru sebaliknya, setiap mahasiswa master China turut meningkatkan sekitar seperempat mahasiswa master asal Amerika yang juga masuk ke universitas tersebut.
Kehadiran mahasiswa China selain menambah program belajar, juga berdampak positif pada perekonomian di sekitar kota-kota kampus di AS. Mahasiswa ini memicu aktivitas ekonomi lokal yang penting, selain memberikan pengalaman global bagi kampus-kampus tersebut.
Kesimpulannya, globalisasi pendidikan melalui kehadiran mahasiswa China memberikan efek 'crowding in' yang mendukung pertumbuhan pendidikan tinggi di AS dan membuka peluang yang lebih baik untuk semua mahasiswa, baik dari dalam negeri maupun internasional.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/news/china/science/article/3331589/chinese-student-boom-helps-create-more-college-places-americans-study-finds?module=top_story&pgtype=subsection

Analisis Ahli

Dr. Emily Chen, Pakar Pendidikan Internasional
"Kehadiran mahasiswa China telah membawa dampak positif yang signifikan dalam memperkaya lingkungan akademik dan penelitian di bidang STEM. Ini juga menegaskan pentingnya kebijakan pendidikan yang inklusif dan berpandangan global."

Analisis Kami

"Fenomena 'crowding in' ini membuktikan bahwa globalisasi pendidikan membawa keuntungan timbal balik bagi universitas di AS dan mahasiswa lokal. Alih-alih menjadi ancaman, mahasiswa China justru menjadi katalisator pertumbuhan akademik yang positif, membuka peluang belajar dan inovasi yang lebih luas."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun ke depan, semakin banyak program master STEM di universitas AS akan bertambah akibat keberlanjutan kedatangan mahasiswa internasional, khususnya dari China, yang sekaligus memperkuat daya saing akademis dan ekonomi lokal.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa pengaruh mahasiswa China terhadap program pascasarjana di AS?
A
Mahasiswa China membantu menciptakan program pascasarjana baru di universitas AS.
Q
Berapa banyak mahasiswa China yang belajar di AS dibandingkan dengan jumlah lulusan di China?
A
Sekitar tiga hingga empat dari setiap 100 lulusan di China melanjutkan studi di AS.
Q
Apa yang dimaksud dengan 'crowding in' dalam konteks artikel ini?
A
'Crowding in' berarti bahwa kedatangan mahasiswa asing justru menciptakan lebih banyak tempat untuk mahasiswa AS dan internasional lainnya.
Q
Siapa yang menyatakan bahwa mahasiswa asing mengambil tempat mahasiswa AS?
A
J.D. Vance menyatakan bahwa mahasiswa asing mengambil tempat dari mahasiswa AS.
Q
Apa yang ditemukan oleh National Bureau of Economic Research dalam studi mereka?
A
Studi tersebut menemukan bahwa setiap 100 mahasiswa pascasarjana China berasosiasi dengan penambahan satu program pascasarjana STEM baru di AS.