Courtesy of InterestingEngineering
Ikhtisar 15 Detik
- Inovasi dalam daur ulang baterai dapat mengurangi ketergantungan pada bahan mentah dari China.
- Regulasi Uni Eropa akan mendorong penggunaan bahan daur ulang dalam produksi baterai kendaraan listrik.
- Kerjasama antara startup daur ulang dan produsen otomotif besar menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan.
Kendaraan listrik (EV) menghadapi tantangan besar dalam hal pengadaan dan daur ulang bahan untuk baterainya. Dua startup Eropa, Altilium dan tozero, telah membuat kemajuan signifikan dalam daur ulang baterai EV yang dapat mengubah industri ini. Altilium, yang berbasis di Inggris, berhasil menciptakan bahan aktif katoda daur ulang yang hampir setara dengan bahan yang ditambang baru, mengurangi emisi CO2 hingga 70% dan biaya hingga 20%. Sementara itu, tozero dari Munich fokus pada daur ulang grafit, yang menyumbang 40% jejak karbon baterai lithium-ion. Mereka berencana membangun pabrik pilot untuk memproduksi 2.000 ton grafit daur ulang per tahun pada tahun 2027.
Kemajuan ini sangat penting karena Uni Eropa akan memberlakukan regulasi yang mengharuskan produsen EV menggunakan persentase tertentu dari bahan daur ulang dalam baterai mereka mulai tahun 2030. Altilium dan tozero berperan penting dalam membantu Eropa memenuhi target ini, sekaligus mengurangi ketergantungan pada China untuk bahan baku baterai. Dengan dukungan dari perusahaan besar dan investasi yang meningkat, teknologi daur ulang baterai EV ini diharapkan dapat mengurangi dampak lingkungan dari penambangan dan pengadaan sumber daya baru.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tantangan utama yang dihadapi kendaraan listrik saat ini?A
Tantangan utama yang dihadapi kendaraan listrik adalah kebutuhan untuk sumber dan daur ulang bahan yang berkelanjutan untuk baterai mereka.Q
Siapa yang memimpin dalam inovasi daur ulang baterai di Eropa?A
Altilium dan tozero adalah dua startup Eropa yang memimpin dalam inovasi daur ulang baterai.Q
Apa yang dilakukan Altilium untuk mengurangi emisi CO2?A
Altilium berhasil mengurangi emisi CO2 hingga 70% dengan menggunakan bahan daur ulang dibandingkan dengan bahan yang ditambang baru.Q
Mengapa regulasi Uni Eropa penting untuk industri kendaraan listrik?A
Regulasi Uni Eropa penting karena akan mewajibkan produsen EV untuk menggunakan persentase tertentu dari bahan daur ulang dalam baterai mereka, mulai tahun 2030.Q
Apa rencana tozero untuk masa depan dalam hal produksi grafit daur ulang?A
Tozero berencana untuk membangun pabrik pilot dalam dua tahun ke depan dengan kapasitas produksi sekitar 2.000 ton grafit daur ulang pada tahun 2027.