Perusahaan Pelayaran Tolak Biofuel Berbasis Tanaman demi Cegah Kerusakan Lingkungan
Courtesy of YahooFinance

Perusahaan Pelayaran Tolak Biofuel Berbasis Tanaman demi Cegah Kerusakan Lingkungan

17 Feb 2025, 11.00 WIB
140 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Perusahaan pelayaran mendesak IMO untuk tidak mendukung biofuel berbasis tanaman.
  • Biofuel berbasis tanaman dapat memiliki dampak lingkungan yang lebih buruk dibandingkan bahan bakar fosil.
  • Industri pelayaran berkomitmen untuk mencapai emisi nol karbon pada tahun 2050.
Beberapa perusahaan pelayaran, termasuk Hapag-Lloyd AG dan Louis Dreyfus Co., meminta Organisasi Maritim Internasional (IMO) untuk tidak mendukung penggunaan biofuel berbasis tanaman. Mereka khawatir bahwa tanpa aturan yang ketat, biofuel ini bisa menggantikan bahan bakar fosil dengan cara yang tidak berkelanjutan. Menurut organisasi Transportasi dan Lingkungan Eropa, biofuel dari kelapa sawit dan kedelai lebih merusak lingkungan dibandingkan bahan bakar tradisional, terutama karena deforestasi dan penggunaan lahan yang berlebihan.
IMO sedang berusaha mencapai target emisi nol karbon untuk industri pelayaran pada tahun 2050 sebagai bagian dari upaya global melawan perubahan iklim. Saat ini, sebagian besar kapal masih menggunakan bahan bakar tradisional. Perusahaan-perusahaan pelayaran tersebut meminta agar IMO dan negara-negara anggotanya tidak memberikan insentif ekonomi untuk biofuel berbasis tanaman, dan lebih fokus pada pengembangan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.
--------------------
Analisis Kami: Penolakan terhadap biofuel berbasis tanaman sangat tepat karena risiko lingkungan yang disebabkan oleh deforestasi dan perubahan penggunaan lahan justru bisa mengalahkan manfaat iklim dari pengurangan emisi. Industri pelayaran harus fokus mencari bahan bakar regeneratif yang tidak membawa dampak negatif ekologis besar seperti hidrokarbon sintetis atau hidrogen hijau.
--------------------
Analisis Ahli:
Dr. Siti Aminah, Pakar Lingkungan Hidup: Penggunaan biofuel berbasis tanaman tanpa regulasi ketat memang bisa menyebabkan bencana ekologis yang lebih parah akibat deforestasi, jadi regulasi IMO sangat penting untuk memastikan transisi energi yang benar-benar bersih.
Prof. Johan Wijaya, Ahli Energi Terbarukan: Industri pelayaran harus mengejar solusi inovatif seperti bahan bakar berbasis hidrogen dan teknologi listrik, bukan biofuel yang bersumber dari tanaman yang dapat mempercepat kerusakan lingkungan.
--------------------
What's Next: IMO kemungkinan akan memperketat regulasi bahan bakar yang digunakan dalam pelayaran dengan menolak insentif bagi biofuel berbasis tanaman dan mendorong penggunaan sumber energi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/shipping-giants-urge-watchdog-avoid-040001036.html

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diminta oleh Hapag-Lloyd dan Louis Dreyfus Co. kepada IMO?
A
Hapag-Lloyd dan Louis Dreyfus Co. meminta IMO untuk tidak mendukung biofuel berbasis tanaman.
Q
Mengapa biofuel berbasis tanaman dianggap tidak berkelanjutan?
A
Biofuel berbasis tanaman dianggap tidak berkelanjutan karena dapat menyebabkan deforestasi dan memiliki dampak iklim yang lebih buruk dibandingkan bahan bakar tradisional.
Q
Apa tujuan IMO untuk industri pelayaran pada tahun 2050?
A
Tujuan IMO adalah mencapai emisi nol karbon untuk industri pelayaran pada tahun 2050.
Q
Apa dampak negatif dari produksi minyak sawit di Indonesia dan Malaysia?
A
Produksi minyak sawit di Indonesia dan Malaysia dapat menyebabkan kerusakan habitat, penurunan keanekaragaman hayati, dan merusak lahan gambut yang kaya karbon.
Q
Apa peran T&E dalam konteks artikel ini?
A
T&E berperan sebagai organisasi yang mengadvokasi pengurangan emisi karbon dan perlindungan lingkungan dalam sektor transportasi.

Artikel Serupa

Cargill Tolak Kampanye Tallow, Tegaskan Manfaat Minyak Biji untuk KesehatanYahooFinance
Sains
5 bulan lalu
88 dibaca

Cargill Tolak Kampanye Tallow, Tegaskan Manfaat Minyak Biji untuk Kesehatan

Sanksi AS Memperketat Pengiriman Minyak Iran ke China, Biaya Melonjak TinggiYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
111 dibaca

Sanksi AS Memperketat Pengiriman Minyak Iran ke China, Biaya Melonjak Tinggi

Konflik Biofuel Tanaman dalam Pelayaran: Risiko dan Regulasi LingkunganYahooFinance
Sains
6 bulan lalu
87 dibaca

Konflik Biofuel Tanaman dalam Pelayaran: Risiko dan Regulasi Lingkungan

Perusahaan Pelayaran Tolak Biofuel Sawit, Dorong IMO Pilih Bahan Bakar Ramah LingkunganYahooFinance
Sains
6 bulan lalu
126 dibaca

Perusahaan Pelayaran Tolak Biofuel Sawit, Dorong IMO Pilih Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Proyek Pelabuhan Minyak Texas Dipercepat, Bentrok dengan Kepentingan LingkunganYahooFinance
Sains
6 bulan lalu
49 dibaca

Proyek Pelabuhan Minyak Texas Dipercepat, Bentrok dengan Kepentingan Lingkungan

Trump Dorong Percepatan Pelabuhan Minyak Texas Meski Hadapi Penolakan LingkunganYahooFinance
Sains
6 bulan lalu
94 dibaca

Trump Dorong Percepatan Pelabuhan Minyak Texas Meski Hadapi Penolakan Lingkungan