Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Gojek Buru Restoran Fiktif GoFood Usai Viral di Media Sosial
Courtesy of CNBCIndonesia
Teknologi
Keamanan Siber

Gojek Buru Restoran Fiktif GoFood Usai Viral di Media Sosial

Menginformasikan tentang adanya restoran fiktif di layanan GoFood dan tindakan yang diambil oleh Gojek Indonesia.

11 Apr 2025, 10.50 WIB
76 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Gojek menemukan restoran fiktif di layanan GoFood yang menarik perhatian warganet.
  • Akun-akun restoran fiktif tersebut tidak memiliki menu dan foto profil.
  • Gojek telah menonaktifkan akun-akun tersebut dan sedang melakukan investigasi lebih lanjut.
Jakarta, Indonesia - Viral di kalangan warganet X tentang keberadaan restoran fiktif di layanan GoFood pada aplikasi Gojek. Dugaan ini berawal dari unggahan akun media sosial X @bi*****wira yang menunjukkan deretan restoran dengan nama yang mirip dan tidak menjual menu apapun.
Baca juga: Inovasi Terbaru Uber: Pengguna Bisa Dapat Uang Lewat Foto Makanan dan AI
Restoran-restoran tersebut memiliki nama yang mirip seperti 'Toko Biasa Saja E320, Cibangkong' dan tidak memiliki foto profil. Unggahan ini menjadi ramai diperbincangkan dengan jutaan tayangan dan ribuan repost serta like.
Gojek Indonesia melalui akun resminya menyatakan telah menemukan aktivitas mencurigakan dari restoran-restoran tersebut dan telah menonaktifkan akun-akun tersebut. Saat ini, Gojek masih melakukan investigasi lebih lanjut terkait keberadaan restoran fiktif tersebut.
--------------------
Analisis Kami: Masalah restoran fiktif ini menunjukkan celah dalam sistem verifikasi platform digital yang harus segera diperbaiki agar tidak merusak ekosistem bisnis online. Kecepatan Gojek dalam menonaktifkan akun tersebut menunjukkan respons yang baik, namun tindakan preventif yang lebih proaktif sangat diperlukan.
--------------------
Analisis Ahli:
Ahmad Fadli (pakar keamanan siber): Kasus ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi verifikasi yang canggih dalam platform digital agar mencegah manipulasi akun yang dapat memengaruhi layanan dan kepercayaan konsumen.
--------------------
Baca juga: GoTo Respons Penggeledahan Kejaksaan Terkait Kasus Korupsi Chromebook
What's Next: Gojek kemungkinan akan memperketat sistem verifikasi dan pengawasan untuk mencegah kemunculan restoran fiktif baru serta meningkatkan keamanan dan kepercayaan pengguna layanan GoFood di masa depan.
Referensi:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250411102245-37-625128/viral-restoran-fiktif-di-gofood-gojek-buka-suara-bilang-begini

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menjadi perhatian warganet terkait GoFood?
A
Warganet memperhatikan adanya restoran fiktif di layanan GoFood yang tidak menjual menu makanan.
Q
Apa yang ditemukan Gojek terkait restoran di GoFood?
A
Gojek menemukan adanya aktivitas mencurigakan yang dilakukan oleh oknum restoran tersebut.
Q
Apa nama akun media sosial yang pertama kali mengunggah informasi ini?
A
Akun media sosial yang pertama kali mengunggah informasi ini adalah @bi*****wira.
Q
Apa tindakan yang diambil Gojek terhadap restoran fiktif tersebut?
A
Gojek telah menonaktifkan akun toko fiktif di layanan GoFood.
Q
Apa yang sedang dilakukan Gojek setelah menemukan restoran fiktif?
A
Gojek sedang menjalankan proses investigasi lebih lanjut terkait keberadaan restoran-restoran yang dicurigai fiktif.

Artikel Serupa

Waspada Penipuan Akun Bisnis Palsu di Google Maps dengan Layanan Mahal
Waspada Penipuan Akun Bisnis Palsu di Google Maps dengan Layanan Mahal
Dari CNBCIndonesia
Patrick Walujo Tegaskan Gojek Sebagai Kebanggaan Anak Bangsa di Tengah Isu Merger
Patrick Walujo Tegaskan Gojek Sebagai Kebanggaan Anak Bangsa di Tengah Isu Merger
Dari CNBCIndonesia
Unjuk Rasa Pengemudi Ojek Online Jakarta Hanya Diikuti Ratusan Driver, Layanan Tetap Lancar
Unjuk Rasa Pengemudi Ojek Online Jakarta Hanya Diikuti Ratusan Driver, Layanan Tetap Lancar
Dari CNBCIndonesia
Risiko Akuisisi GoTo oleh Grab: Ancaman Monopoli di Pasar Digital Indonesia
Risiko Akuisisi GoTo oleh Grab: Ancaman Monopoli di Pasar Digital Indonesia
Dari CNBCIndonesia
GoTo Klarifikasi Soal Spekulasi Akuisisi Grab Senilai Rp115 Triliun
GoTo Klarifikasi Soal Spekulasi Akuisisi Grab Senilai Rp115 Triliun
Dari CNBCIndonesia
Grab Akan Akuisisi GoTo, Kuasai Pasar Transportasi Online di Asia Tenggara
Grab Akan Akuisisi GoTo, Kuasai Pasar Transportasi Online di Asia Tenggara
Dari CNBCIndonesia
GoFood Kembali Jadi Platform Pesan Antar Makanan Terpopuler di 2025
GoFood Kembali Jadi Platform Pesan Antar Makanan Terpopuler di 2025
Dari CNBCIndonesia
Waspada Penipuan Akun Bisnis Palsu di Google Maps dengan Layanan MahalCNBCIndonesia
Teknologi
1 bulan lalu
33 dibaca

Waspada Penipuan Akun Bisnis Palsu di Google Maps dengan Layanan Mahal

Patrick Walujo Tegaskan Gojek Sebagai Kebanggaan Anak Bangsa di Tengah Isu MergerCNBCIndonesia
Bisnis
2 bulan lalu
26 dibaca

Patrick Walujo Tegaskan Gojek Sebagai Kebanggaan Anak Bangsa di Tengah Isu Merger

Unjuk Rasa Pengemudi Ojek Online Jakarta Hanya Diikuti Ratusan Driver, Layanan Tetap LancarCNBCIndonesia
Bisnis
3 bulan lalu
161 dibaca

Unjuk Rasa Pengemudi Ojek Online Jakarta Hanya Diikuti Ratusan Driver, Layanan Tetap Lancar

Risiko Akuisisi GoTo oleh Grab: Ancaman Monopoli di Pasar Digital IndonesiaCNBCIndonesia
Bisnis
3 bulan lalu
137 dibaca

Risiko Akuisisi GoTo oleh Grab: Ancaman Monopoli di Pasar Digital Indonesia

GoTo Klarifikasi Soal Spekulasi Akuisisi Grab Senilai Rp115 TriliunCNBCIndonesia
Finansial
3 bulan lalu
89 dibaca

GoTo Klarifikasi Soal Spekulasi Akuisisi Grab Senilai Rp115 Triliun

Grab Akan Akuisisi GoTo, Kuasai Pasar Transportasi Online di Asia TenggaraCNBCIndonesia
Finansial
3 bulan lalu
56 dibaca

Grab Akan Akuisisi GoTo, Kuasai Pasar Transportasi Online di Asia Tenggara

GoFood Kembali Jadi Platform Pesan Antar Makanan Terpopuler di 2025CNBCIndonesia
Bisnis
3 bulan lalu
37 dibaca

GoFood Kembali Jadi Platform Pesan Antar Makanan Terpopuler di 2025