Courtesy of InterestingEngineering
Tabrakan Maut Black Hawk dan Pesawat Komersial: Kesalahan Prosedur di Udara Padat
Mengungkap penyebab dan faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan udara mematikan antara helikopter UH-60 Black Hawk dan American Airlines Penerbangan 5342, serta mendorong reformasi prosedur penerbangan visual di ruang udara padat.
28 Apr 2025, 18.54 WIB
110 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Kecelakaan ini disebabkan oleh serangkaian kesalahan manusia dan prosedur yang tidak diikuti.
- Pentingnya komunikasi yang jelas antara pilot dan pengendali lalu lintas udara dalam situasi penerbangan yang padat.
- Ada kebutuhan mendesak untuk mereformasi prosedur penerbangan visual di ruang udara yang padat untuk mencegah kecelakaan serupa di masa depan.
Washington, DC, United States - Pada malam 29 Januari 2025, sebuah helikopter UH-60 Black Hawk milik Angkatan Darat AS bertabrakan di udara dengan American Airlines Penerbangan 5342 di dekat Bandara Nasional Reagan, mengakibatkan 67 korban jiwa. Laporan baru dari National Transportation Safety Board (NTSB) menunjukkan bahwa kombinasi prosedur dan kesalahan manusia menyebabkan insiden penerbangan paling mematikan di Amerika Serikat sejak 2001.
Capt. Rebecca Lobach, yang menerbangkan Black Hawk bersama instruktur pilot Capt. Andrew Eaves, tidak mengikuti perintah koreksi jalur yang penting sebelum tabrakan. Kedua pilot secara tidak sengaja menekan tombol yang salah dan mengganggu komunikasi penting dari pengendali lalu lintas udara, yang mempengaruhi kesadaran situasi mereka. Kesalahan operasional terjadi ketika Capt. Eaves menerima otorisasi untuk beroperasi di bawah aturan penerbangan visual (VFR), yang meningkatkan risiko kesalahan manusia di ruang udara padat.
Transponder Mode S helikopter sengaja dinonaktifkan oleh prosedur operasi standar untuk skenario pelatihan berisiko tinggi, meskipun misi ini hanya simulasi. Kecelakaan ini mendorong seruan untuk mereformasi prosedur izin visual di ruang udara padat. Brig. Gen. Matthew Braman dan NTSB Chair Jennifer Homendy menekankan bahwa insiden ini adalah hasil dari serangkaian kesalahan yang saling memperkuat, bukan kegagalan tunggal.
--------------------
Analisis Kami: Kecelakaan ini menegaskan bahwa penggabungan prosedur militer dengan operasi penerbangan sipil di ruang udara padat sangat berisiko tanpa koordinasi dan pengawasan ketat. Kesalahan manusia yang terjadi sebenarnya bisa diminimalisir dengan teknologi yang mendukung, namun keputusan untuk menonaktifkan transponder justru melemahkan kemampuan kontrol lalu lintas udara.
--------------------
Analisis Ahli:
Jennifer Homendy: Kesalahan membaca peralatan barometrik dan kurangnya koordinasi pilot terhadap perintah ATC menjadi faktor utama yang harus mendapat perhatian dalam revisi prosedur penerbangan.
Brig. Gen. Matthew Braman: Kecelakaan merupakan hasil dari rangkaian kesalahan yang harus ditanggapi secara holistik dan bukan hanya mencari satu penyebab tunggal.
--------------------
What's Next: Pemerintah dan badan penerbangan kemungkinan akan menerapkan perubahan kebijakan dan prosedur keselamatan yang lebih ketat untuk operasional VFR di wilayah udara padat guna mencegah insiden serupa terjadi di masa depan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/culture/army-blackhawk-pilot-disobeyed-instructor-command
[1] https://interestingengineering.com/culture/army-blackhawk-pilot-disobeyed-instructor-command
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang terjadi pada malam 29 Januari 2025?A
Pada malam 29 Januari 2025, helikopter UH-60 Black Hawk mengalami kecelakaan dengan American Airlines Flight 5342 di dekat Reagan National Airport.Q
Siapa yang terlibat dalam kecelakaan tersebut?A
Yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah Capt. Rebecca Lobach dan Capt. Andrew Eaves dari helikopter Black Hawk, serta penumpang dan awak American Airlines Flight 5342.Q
Apa penyebab utama kecelakaan menurut laporan NTSB?A
Penyebab utama kecelakaan menurut laporan NTSB adalah kombinasi dari prosedur yang tidak diikuti dan kesalahan manusia.Q
Apa yang dilakukan Capt. Eaves sebelum kecelakaan terjadi?A
Capt. Eaves menerima izin untuk mengoperasikan Black Hawk di bawah aturan penerbangan visual (VFR) sebelum kecelakaan terjadi.Q
Apa yang diusulkan setelah kecelakaan untuk meningkatkan keselamatan?A
Setelah kecelakaan, ada seruan untuk mereformasi prosedur izin visual di ruang udara yang padat.