Alibaba, JD.com, dan Douyin Bersiap Berlomba Diskon Besar di Festival 618
Courtesy of SCMP

Alibaba, JD.com, dan Douyin Bersiap Berlomba Diskon Besar di Festival 618

Mempersiapkan dan menjalankan kampanye promosi besar dalam festival belanja 618 untuk menarik konsumen dan mengatasi tantangan penurunan pengeluaran konsumen melalui diskon dan subsidi.

08 Mei 2025, 19.00 WIB
88 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Perusahaan e-commerce terkemuka Tiongkok bersaing ketat selama festival belanja 618.
  • Diskon yang lebih sederhana diharapkan dapat meningkatkan pengalaman konsumen.
  • Kondisi pengeluaran konsumen yang lemah memicu perang harga di pasar.
Cina - Alibaba Group Holding, JD.com, dan Douyin dari ByteDance sedang mempersiapkan kampanye besar untuk festival belanja online 618 yang terkenal di Cina. Festival ini merupakan event belanja terbesar kedua di Cina setelah Singles Day dan dikenal karena diskon besar dan perang harga antar e-commerce.
Ketiga perusahaan e-commerce ini berencana meluncurkan promosi besar mulai hari Selasa depan, di mana Douyin akan memulai paling awal pada tengah malam, diikuti oleh Alibaba lewat Taobao dan Tmall serta JD.com dengan jadwal bergantian.
Festival 618 ini sudah berlangsung selama beberapa minggu dengan berbagai tahap presale dan penjualan langsung. Alibaba menghadirkan campuran presale selama tiga hari dan 10 hari penjualan langsung, sementara JD.com mengadakan penjualan awal dan penjualan utama yang dimulai akhir Mei.
TTG, bagian dari Alibaba, berupaya menyederhanakan aturan diskon untuk menanggapi keluhan konsumen yang merasa aturan promosi terlalu rumit. Diskon yang ditawarkan akan fokus pada satu jenis diskon instan resmi sebesar 15 sampai 50 persen.
Festival ini merupakan lomba kuat antar pemain e-commerce untuk merebut perhatian konsumen di tengah kondisi pengeluaran yang melemah. Investasi besar dalam subsidi tunai juga dilakukan untuk menarik pelanggan dan menjaga daya beli tetap tinggi selama 618.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/tech/big-tech/article/3309609/alibaba-jdcom-and-bytedance-prepare-618-shopping-festival-next-week-amid-price-war?module=top_story&pgtype=section

Analisis Kami

"Strategi perusahaan e-commerce besar untuk menyederhanakan diskon adalah langkah cerdas yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan konsumen, tetapi tekanan pada margin keuntungan bakal lebih besar. Selain itu, investasi besar Douyin menunjukkan peningkatan agresivitas platform non-konvensional dalam menggeser dominasi ritel tradisional di China."

Analisis Ahli

Wang Wei (Analis E-commerce Asia)
"Perlombaan diskon besar seperti 618 sering kali menimbulkan tantangan dari sisi profitabilitas, namun sangat efektif untuk menstimulasi permintaan di masa lesu. Penyederhanaan aturan diskon juga akan membantu mengurangi kebingungan konsumen dan meningkatkan pengalaman berbelanja."

Prediksi Kami

Persaingan harga yang ketat dan strategi promosi besar kemungkinan akan terus memacu inovasi dalam pemasaran digital serta memberikan keuntungan lebih besar bagi konsumen, meskipun tekanan pada margin keuntungan perusahaan mungkin meningkat.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dimulai oleh Alibaba, JD.com, dan Douyin pada hari Selasa?
A
Mereka memulai promosi untuk festival belanja.
Q
Apa nama festival belanja yang dimaksud dalam artikel ini?
A
Nama festival belanja itu adalah 618.
Q
Apa yang dijanjikan Douyin untuk menarik konsumen?
A
Douyin berjanji untuk memberikan 'subsidi uang tunai ratusan juta'.
Q
Bagaimana Alibaba berencana menyederhanakan aturan diskon tahun ini?
A
Alibaba berencana menawarkan satu 'diskon instan resmi' antara 15 persen hingga 50 persen.
Q
Kapan penjualan langsung dimulai untuk JD.com?
A
Penjualan langsung untuk JD.com dimulai pada 31 Mei.

Artikel Serupa

Perang Diskon Besar Tiga Raksasa Pengantaran di China MemanasSCMP
Bisnis
1 bulan lalu
27 dibaca

Perang Diskon Besar Tiga Raksasa Pengantaran di China Memanas

Alibaba Luncurkan Program Super Saturdays, Perang Harga Pengantaran di Tiongkok Makin PanasSCMP
Bisnis
1 bulan lalu
56 dibaca

Alibaba Luncurkan Program Super Saturdays, Perang Harga Pengantaran di Tiongkok Makin Panas

Perang Promosi Gratisan Alibaba dan Rivalnya Mengguncang Pasar Pengiriman Cepat ChinaSCMP
Bisnis
1 bulan lalu
43 dibaca

Perang Promosi Gratisan Alibaba dan Rivalnya Mengguncang Pasar Pengiriman Cepat China

JD.com Luncurkan Rencana Besar Setelah Pesanan Harian Pengiriman Capai 200 JutaSCMP
Bisnis
1 bulan lalu
53 dibaca

JD.com Luncurkan Rencana Besar Setelah Pesanan Harian Pengiriman Capai 200 Juta

Alibaba Luncurkan Program Subsidi Besar untuk Perkuat Layanan Belanja Instan di ChinaSCMP
Bisnis
1 bulan lalu
48 dibaca

Alibaba Luncurkan Program Subsidi Besar untuk Perkuat Layanan Belanja Instan di China

Alibaba Berikan Subsidi 7 Miliar Dolar Dorong Konsumsi di Tengah Krisis Ekonomi ChinaTheJakartaPost
Finansial
1 bulan lalu
75 dibaca

Alibaba Berikan Subsidi 7 Miliar Dolar Dorong Konsumsi di Tengah Krisis Ekonomi China

Pertumbuhan Pesat Festival Belanja 618 di Tengah Pasar E-Commerce Tiongkok yang Meningkat DewasaSCMP
Bisnis
2 bulan lalu
104 dibaca

Pertumbuhan Pesat Festival Belanja 618 di Tengah Pasar E-Commerce Tiongkok yang Meningkat Dewasa