Perang Diskon 618: Alibaba, JD.com, dan Douyin Siap Bersaing Ketat di Pasar Cina
Courtesy of SCMP

Perang Diskon 618: Alibaba, JD.com, dan Douyin Siap Bersaing Ketat di Pasar Cina

Mempersiapkan dan menjalankan kampanye promosi besar dalam festival belanja 618 untuk menarik konsumen dan mengatasi tantangan penurunan pengeluaran konsumen melalui diskon dan subsidi.

SCMP
DariĀ SCMP
08 Mei 2025 pukul 19.00 WIB
57 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Perusahaan e-commerce terkemuka Tiongkok bersaing ketat selama festival belanja 618.
  • Diskon yang lebih sederhana diharapkan dapat meningkatkan pengalaman konsumen.
  • Kondisi pengeluaran konsumen yang lemah memicu perang harga di pasar.
Cina - Alibaba Group Holding, JD.com, dan Douyin dari ByteDance sedang mempersiapkan kampanye besar untuk festival belanja online 618 yang terkenal di Cina. Festival ini merupakan event belanja terbesar kedua di Cina setelah Singles Day dan dikenal karena diskon besar dan perang harga antar e-commerce.
Ketiga perusahaan e-commerce ini berencana meluncurkan promosi besar mulai hari Selasa depan, di mana Douyin akan memulai paling awal pada tengah malam, diikuti oleh Alibaba lewat Taobao dan Tmall serta JD.com dengan jadwal bergantian.
Festival 618 ini sudah berlangsung selama beberapa minggu dengan berbagai tahap presale dan penjualan langsung. Alibaba menghadirkan campuran presale selama tiga hari dan 10 hari penjualan langsung, sementara JD.com mengadakan penjualan awal dan penjualan utama yang dimulai akhir Mei.
TTG, bagian dari Alibaba, berupaya menyederhanakan aturan diskon untuk menanggapi keluhan konsumen yang merasa aturan promosi terlalu rumit. Diskon yang ditawarkan akan fokus pada satu jenis diskon instan resmi sebesar 15 sampai 50 persen.
Festival ini merupakan lomba kuat antar pemain e-commerce untuk merebut perhatian konsumen di tengah kondisi pengeluaran yang melemah. Investasi besar dalam subsidi tunai juga dilakukan untuk menarik pelanggan dan menjaga daya beli tetap tinggi selama 618.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dimulai oleh Alibaba, JD.com, dan Douyin pada hari Selasa?
A
Mereka memulai promosi untuk festival belanja.
Q
Apa nama festival belanja yang dimaksud dalam artikel ini?
A
Nama festival belanja itu adalah 618.
Q
Apa yang dijanjikan Douyin untuk menarik konsumen?
A
Douyin berjanji untuk memberikan 'subsidi uang tunai ratusan juta'.
Q
Bagaimana Alibaba berencana menyederhanakan aturan diskon tahun ini?
A
Alibaba berencana menawarkan satu 'diskon instan resmi' antara 15 persen hingga 50 persen.
Q
Kapan penjualan langsung dimulai untuk JD.com?
A
Penjualan langsung untuk JD.com dimulai pada 31 Mei.

Artikel Serupa

Lonjakan Popularitas Aplikasi Belanja China di AS Akibat Tarif Baru dan Video TikTokSCMP
Bisnis
24 hari lalu
49 dibaca

Lonjakan Popularitas Aplikasi Belanja China di AS Akibat Tarif Baru dan Video TikTok

Persaingan Baru di Pasar Layanan On-Demand China: JD.com vs MeituanSCMP
Bisnis
25 hari lalu
90 dibaca

Persaingan Baru di Pasar Layanan On-Demand China: JD.com vs Meituan

JD.com China mengalahkan perkiraan pendapatan kuartalan berkat permintaan yang kuat.YahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
82 dibaca

JD.com China mengalahkan perkiraan pendapatan kuartalan berkat permintaan yang kuat.

Taruhan Bearish Mundur saat JD.com Bersiap untuk Lonjakan Penjualan KuartalanYahooFinance
Finansial
2 bulan lalu
117 dibaca

Taruhan Bearish Mundur saat JD.com Bersiap untuk Lonjakan Penjualan Kuartalan

Platform gadget yang didukung oleh JD.com mengandalkan subsidi tukar tambah dari China untuk meningkatkan volume.SCMP
Bisnis
3 bulan lalu
78 dibaca

Platform gadget yang didukung oleh JD.com mengandalkan subsidi tukar tambah dari China untuk meningkatkan volume.

Aplikasi super China, WeChat, memperkuat kredensial e-commerce melalui fitur pemberian hadiah.SCMP
Bisnis
3 bulan lalu
122 dibaca

Aplikasi super China, WeChat, memperkuat kredensial e-commerce melalui fitur pemberian hadiah.