Toyota Buka Pabrik Baterai di AS untuk Kendaraan Hibrida dan Listrik Masa Depan
Courtesy of Forbes

Toyota Buka Pabrik Baterai di AS untuk Kendaraan Hibrida dan Listrik Masa Depan

Menjelaskan peluncuran pabrik baterai lithium ion Toyota pertama di AS dan bagaimana strategi produksi baterai ini mendukung pengembangan kendaraan hibrida serta listrik guna mengurangi emisi gas rumah kaca secara efektif.

12 Nov 2025, 22.00 WIB
149 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Toyota telah membuka pabrik baterai lithium-ion pertama di AS di Liberty, Carolina Utara.
  • Pabrik ini akan memproduksi baterai untuk kendaraan hybrid dan listrik, dengan kapasitas produksi 30 GWh.
  • Toyota percaya bahwa kendaraan hybrid dapat memberikan dampak lingkungan yang lebih baik dibandingkan dengan kendaraan listrik murni.
Liberty, Amerika Serikat - Toyota telah lama memproduksi kendaraan dan mesin di Amerika Serikat, tetapi baru tahun ini membuka pabrik baterai lithium ion pertamanya di Liberty, North Carolina. Pabrik ini merupakan investasi besar senilai 13,9 miliar dolar AS dan siap memproduksi baterai yang mendukung kendaraan listrik dan hibrida Toyota.
Pabrik baterai ini memiliki kapasitas produksi hingga 30-GWh, cukup untuk memproduksi baterai bagi lebih dari 300.000 kendaraan listrik. Saat ini, fokus produksi adalah baterai untuk kendaraan hibrida dengan kapasitas sekitar 1,5 kWh setiap modulnya.
Toyota menerapkan aturan 1-6-90, yang menunjukkan bahwa bahan untuk satu baterai BEV bisa dipakai untuk membuat 90 baterai hibrida. Itu karena hibrida juga memberikan pengurangan gas rumah kaca yang signifikan dan dapat diproduksi dalam jumlah besar.
Beberapa model Toyota seperti Prius, Camry, dan Rav4 sudah dilengkapi dengan powertrain hibrida sebagai standar sementara baterai untuk kendaraan listrik penuh saat ini masih diproduksi di Jepang. Namun pabrik Liberty akan mulai memproduksi baterai untuk SUV listrik baru yang lebih besar.
Meski memerlukan waktu untuk mencapai kapasitas penuh, pabrik baterai Toyota di AS adalah langkah strategis yang membantu perusahaan menguasai teknologi baterai, memenuhi permintaan pasar, serta mendukung rencana elektrifikasi dan keberlanjutan mereka di masa depan.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/samabuelsamid/2025/11/12/toyota-opens-its-first-north-american-lithium-ion-battery-plant/

Analisis Ahli

Dr. Kenji Watanabe
"Toyota’s strategy to start local battery production aligns with global trends towards supply chain localization and vertical integration, which could reduce costs and improve innovation cycles."
Sarah Miller (EV industry analyst)
"Focusing on hybrids first makes sense as full BEV adoption is still slow; Toyota is positioning itself well by leveraging its hybrid technology dominance."

Analisis Kami

"Langkah Toyota untuk memproduksi baterai secara menyeluruh di satu fasilitas merupakan inovasi strategis yang memperkuat rantai pasokan dan efisiensi produksi mereka. Fokus pada kendaraan hibrida sebagai jembatan menuju elektrifikasi penuh menunjukkan pemahaman mendalam Toyota atas realitas pasar dan tantangan lingkungan global saat ini."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun ke depan, pabrik baterai Toyota di Liberty akan meningkatkan kapasitas produksi dan berperan penting dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik dan hibrida di pasar Amerika Utara, sekaligus mengurangi ketergantungan impor baterai dan meningkatkan kedaulatan industri otomotif dalam negeri.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan dari pabrik baterai Toyota yang baru dibuka di Liberty, Carolina Utara?
A
Tujuan dari pabrik baterai Toyota yang baru dibuka adalah untuk memproduksi baterai lithium-ion untuk kendaraan hybrid dan listrik.
Q
Berapa kapasitas produksi yang direncanakan untuk pabrik baterai ini?
A
Kapasitas produksi yang direncanakan untuk pabrik baterai ini adalah 30 GWh.
Q
Apa yang menjadi fokus awal produksi di pabrik baterai tersebut?
A
Fokus awal produksi di pabrik baterai tersebut adalah memproduksi baterai untuk kendaraan hybrid.
Q
Mengapa Toyota berkomitmen untuk memproduksi lebih banyak kendaraan hybrid?
A
Toyota berkomitmen untuk memproduksi lebih banyak kendaraan hybrid karena mereka percaya bahwa menjual banyak kendaraan hybrid akan memberikan dampak lingkungan yang lebih positif dibandingkan dengan sejumlah kecil kendaraan listrik murni.
Q
Kapan pabrik baterai mulai mengirimkan modul hybrid ke pabrik perakitan Georgetown di Kentucky?
A
Pabrik baterai mulai mengirimkan modul hybrid ke pabrik perakitan Georgetown di Kentucky pada bulan Juni tahun ini.