Courtesy of Forbes
Zona Buta Besar di Mobil Tingkatkan Risiko Tabrak Pejalan Kaki Saat Belok Kiri
Menjelaskan bagaimana desain kendaraan, terutama zona buta pengemudi, mempengaruhi risiko kecelakaan pejalan kaki saat berbelok kiri dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan keselamatan tanpa mengorbankan perlindungan penumpang.
21 Nov 2025, 05.58 WIB
95 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Zona buta pada kendaraan dapat meningkatkan risiko kecelakaan pejalan kaki secara signifikan.
- Desain kendaraan yang aman bisa mengurangi visibilitas, menjadi tantangan bagi produsen mobil.
- Pengukuran zona buta dapat membantu dalam mengidentifikasi dan mengurangi risiko kecelakaan.
Amerika Serikat - Penelitian baru dari Insurance Institute for Highway Safety mengungkap bahwa kendaraan dengan zona buta besar di sisi pengemudi lebih berisiko menabrak pejalan kaki saat berbelok kiri. Zona buta ini menghalangi pandangan pengemudi sehingga pejalan kaki yang sedang menyeberang sulit terlihat.
Faktor desain seperti pilar A yang tebal, kaca spion besar, kap mesin yang panjang dan tinggi, serta bentuk kaca depan mempengaruhi ukuran zona buta ini. Meskipun beberapa fitur ini penting untuk keselamatan penumpang di dalam kendaraan, mereka juga menimbulkan risiko kecelakaan bagi pejalan kaki.
Penelitian ini menganalisis ribuan kecelakaan pejalan kaki dari beberapa negara bagian di Amerika Serikat dan menggunakan teknik kamera untuk mengukur seberapa besar pandangan pengemudi terhalang. Hasilnya, risiko kecelakaan saat belok kiri naik signifikan pada kendaraan dengan zona buta besar dan sedang di sisi pengemudi.
Menariknya, zona buta di sisi penumpang tidak berpengaruh besar pada kecelakaan saat belok kanan. Ini memperjelas bahwa masalah utama ada pada sisi pengemudi ketika kendaraan berbelok kiri.
Para peneliti dan pakar keselamatan mengajak produsen mobil untuk mendesain kendaraan yang mampu mengurangi zona buta tanpa mengorbankan aspek keselamatan struktural. Mereka juga menyoroti perlunya teknologi tambahan untuk meningkatkan pandangan dan mencegah kecelakaan.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/tanyamohn/2025/11/20/left-turn-crashes-with-walkers-linked-to-big-blind-zones-study-says/
[1] https://www.forbes.com/sites/tanyamohn/2025/11/20/left-turn-crashes-with-walkers-linked-to-big-blind-zones-study-says/
Analisis Ahli
David Harkey
"Menekankan pentingnya mengidentifikasi masalah desain kendaraan untuk keselamatan pejalan kaki dan tantangan bagi pabrikan dalam mengatasi masalah ini tanpa mengurangi perlindungan penumpang."
Wen Hu
"Memaparkan bagaimana pandangan pengemudi yang terhalang dapat menyebabkan pejalan kaki menghilang dari pandangan dan memicu kecelakaan saat berbelok."
Analisis Kami
"Masalah zona buta pada kendaraan adalah dilema besar yang harus segera diatasi oleh industri otomotif agar keselamatan pejalan kaki dapat ditingkatkan signifikan. Pendekatan integratif antara desain struktural dan teknologi cerdas harus menjadi prioritas agar kendaraan masa depan tidak hanya aman untuk pengemudi tetapi juga bagi pejalan kaki di jalan."
Prediksi Kami
Produsen mobil akan mulai mencari solusi desain baru yang mengurangi zona buta tanpa mengurangi keselamatan struktural, serta lebih fokus pada teknologi penglihatan dan sensor untuk mencegah kecelakaan pejalan kaki.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang ditemukan oleh penelitian IIHS mengenai zona buta pada kendaraan?A
Penelitian IIHS menemukan bahwa kendaraan dengan zona buta besar lebih mungkin untuk menabrak pejalan kaki saat belok kiri.Q
Bagaimana kendaraan dengan zona buta besar mempengaruhi risiko kecelakaan pejalan kaki?A
Kendaraan dengan zona buta besar meningkatkan risiko kecelakaan pejalan kaki saat belok kiri hingga 70%.Q
Apa yang menjadi tantangan bagi produsen mobil terkait dengan desain kendaraan?A
Tantangan bagi produsen mobil adalah menemukan cara untuk mengatasi masalah desain tanpa mengurangi perlindungan bagi pengemudi dalam kecelakaan.Q
Apa saja faktor yang meningkatkan ukuran zona buta pada kendaraan?A
Faktor yang meningkatkan ukuran zona buta meliputi pilar A yang tebal, cermin samping yang besar, dan kap mesin yang panjang.Q
Apa langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko kecelakaan pejalan kaki?A
Langkah-langkah yang dapat diambil termasuk meningkatkan visibilitas tanpa mempengaruhi struktur kendaraan.