Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Fokus
Finansial

Menjembatani Kesenjangan Digital di Layanan Publik Indonesia

Share

Beberapa inisiatif di Indonesia mengupayakan peningkatan akses internet di daerah perbatasan dan wilayah terdampak bencana. Usaha Telkomsel dalam membebaskan biaya langganan, program dari Upaya Bakti untuk menyediakan internet berkualitas, serta peran Pegadaian dalam mendukung akses digital berkontribusi pada inklusi digital yang lebih luas bagi masyarakat.

20 Des 2025, 13.57 WIB

Telkomsel Bebaskan Biaya dan Percepat Pemulihan Jaringan Bencana di Sumatera

Telkomsel Bebaskan Biaya dan Percepat Pemulihan Jaringan Bencana di Sumatera
Telkomsel memberikan kemudahan bagi pelanggan IndiHome dan Telkomsel Halo yang terdampak banjir serta longsor di wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat dengan membebaskan biaya berlangganan. Ini adalah bentuk dukungan agar pelanggan tidak terbebani selama masa sulit akibat bencana. Proses pembebasan tagihan dilakukan secara otomatis, dan pelanggan akan mendapatkan pemberitahuan melalui pesan WhatsApp dan SMS dari IndiHome. Pelanggan juga bisa memeriksa status pembebasan tagihan melalui laman resmi IndiHome. Selain pembebasan biaya, Telkomsel juga menyediakan Paket Siaga Peduli yang meliputi kuota internet dan telepon tanpa biaya tambahan sebagai dukungan komunikasi bagi masyarakat terdampak. Namun, pelanggan diimbau agar waspada terhadap penipuan berkedok SMS dari pihak yang mengatasnamakan Telkomsel atau IndiHome. Pemulihan jaringan sudah mencapai progres signifikan, dengan 98% situs di Sumatra Utara dan Sumatra Barat telah beroperasi normal. Di Aceh, proses pemulihan jaringan terus dipercepat dengan dukungan tim teknis 24/7 dan pengiriman perangkat energi cadangan melalui darat dan udara. Telkomsel juga melaksanakan program TERRA yang berkolaborasi dengan lembaga sosial kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan kebutuhan dasar dan memberikan pendampingan psikososial di titik pengungsian. Komitmen Telkomsel terlihat dari upaya kolaborasi dan kecepatan pemulihan layanan yang sangat dibutuhkan masyarakat.
18 Des 2025, 12.53 WIB

Peran Digitalisasi Entikong dalam Memperkuat Ekonomi dan Keamanan Perbatasan

Peran Digitalisasi Entikong dalam Memperkuat Ekonomi dan Keamanan Perbatasan
Entikong, sebuah kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, memiliki peranan penting sebagai pintu keluar-masuk masyarakat Indonesia ke Malaysia. Selain menjadi jalur ekonomi dan budaya, wilayah ini masih menghadapi tantangan besar karena termasuk kawasan tertinggal dengan akses jalan dan jaringan digital yang terbatas. Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong tidak hanya mengurus imigrasi tetapi juga fungsi kepabeanan, karantina, keamanan, dan layanan perdagangan. Volume pelintas yang sangat tinggi mencapai hampir 600 ribu per tahun menunjukkan pentingnya PLBN ini bagi hubungan bilateral Indonesia-Malaysia. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Digital bersama BAKTI, telah memperkuat akses internet di Entikong dengan membangun beberapa menara BTS. Hal ini membantu memperlancar proses administrasi dan transaksi digital, yang sangat krusial bagi aktivitas di PLBN maupun masyarakat sekitar. Pelaku usaha mikro kecil menengah seperti Kartiko merasakan langsung manfaatnya dengan adanya internet yang stabil dan alat transaksi elektronik, sehingga usaha dapat tumbuh lebih cepat dan pelanggan bertambah banyak. Manfaat akses internet juga dirasakan dalam pendidikan anak-anak di sekitar Pos Mangkau. Secara keseluruhan, digitalisasi di Entikong menjadi pintu gerbang baru untuk berkembangnya ekonomi, pendidikan, dan komunikasi lintas negara sekaligus memperkuat keamanan nasional. Ini menunjukkan bahwa dengan dukungan teknologi, masyarakat perbatasan dapat mengatasi keterbatasan dan menjawab tantangan masa depan.
08 Des 2025, 12.50 WIB

Pegadaian Hadirkan Internet Starlink Gratis untuk Dukungan Pasca Bencana

Pegadaian Hadirkan Internet Starlink Gratis untuk Dukungan Pasca Bencana
PT Pegadaian berinisiatif menyediakan akses internet gratis kepada masyarakat yang tinggal di wilayah terdampak bencana di Sumatra. Upaya ini dilakukan dengan memasang perangkat Starlink di kantor cabang Pegadaian yang berada di lokasi tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung komunikasi dan pemulihan sosial di tengah keterbatasan infrastruktur. Distribusi dan pemasangan perangkat Starlink dimulai sejak 28 November 2025 dan dilakukan secara bertahap di beberapa outlet seperti di Sibolga, Kuala Simpang, Langsa, dan Takengon. Di Takengon, pemasangan telah selesai pada tanggal 1 Desember 2025. Fasilitas ini disediakan agar masyarakat sekitar dapat kembali terhubung dengan keluarga dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Masyarakat yang tinggal dekat kantor Pegadaian UPS Takengon menyambut dengan antusias dan ramai memanfaatkan fasilitas internet gratis ini. Melalui akses ini, mereka dapat melakukan koordinasi kebutuhan darurat serta menerima informasi terkini yang sangat penting untuk proses pemulihan setelah bencana terjadi. Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, menyampaikan bahwa inisiatif ini merupakan bentuk kepedulian Pegadaian dalam memastikan masyarakat memiliki akses komunikasi yang menjadi kebutuhan vital di masa bencana. Pegadaian berkomitmen membantu masyarakat agar tetap terhubung dan mendapatkan dukungan informasi penting. Ke depan, Pegadaian akan terus memantau kondisi di lapangan dan bekerja sama dengan berbagai pihak agar fasilitas yang diberikannya dapat dimanfaatkan secara optimal. Semangat MengEMASkan Indonesia juga memperkuat posisi Pegadaian sebagai mitra sosial yang aktif mendukung masyarakat terutama di waktu krisis.

Baca Juga

  • Menjembatani Kesenjangan Digital di Layanan Publik Indonesia

  • Penindakan Global Terhadap Kejahatan Kripto: Tantangan Penegakan Hukum yang Baru

  • Lonjakan Kripto di Timur Tengah: Investor Arab Mengubah Lanskap Mata Uang Digital

  • Kegilaan IPO MetaX: Chip AI China Menghadapi Penilaian Melambung dengan Risiko Panas Berlebih

  • Dinamika Baru di Venture Capital: Strategi Investasi Muncul dalam Pasar yang Didominasi Founder