Insinyur AS menguji metode keselamatan EV mutakhir pada suhu 2.000°F untuk memerangi kebakaran.
Courtesy of InterestingEngineering

Insinyur AS menguji metode keselamatan EV mutakhir pada suhu 2.000°F untuk memerangi kebakaran.

11 Des 2024, 20.01 WIB
73 dibaca
Share
Para peneliti telah mengembangkan metode baru untuk mengatasi risiko kebakaran yang terkait dengan penyimpanan kendaraan listrik (EV) dan baterai yang rusak. Metode ini diuji di Southwest Research Institute (SwRI) dan berhasil menunjukkan cara aman untuk menyimpan EV yang mungkin berbahaya setelah kecelakaan. Dengan semakin populernya kendaraan listrik, penting untuk memiliki standar pengujian yang tepat, terutama karena baterai lithium-ion yang digunakan dalam EV sangat mudah terbakar. Peneliti menciptakan pengujian khusus karena belum ada standar yang ada untuk situasi ini.
Salah satu risiko utama adalah fenomena yang disebut thermal runaway, di mana baterai dapat memanas dengan cepat dan menyebabkan kebakaran. Untuk mengatasi masalah ini, SwRI merekomendasikan agar kendaraan yang rusak disimpan jauh dari kendaraan lain. Dalam pengujian, peneliti mengukur suhu di dalam dan luar wadah penyimpanan saat kebakaran terjadi. Mereka menemukan bahwa meskipun suhu di dalam wadah bisa mencapai hampir 2.000°F, suhu di luar wadah tetap lebih rendah, menunjukkan bahwa metode penyimpanan ini efektif dalam mengurangi risiko kebakaran.
Sumber: https://interestingengineering.com/innovation/swri-novel-fire-safety-method

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diteliti oleh para peneliti di Southwest Research Institute?
A
Para peneliti di Southwest Research Institute meneliti metode mitigasi kebakaran untuk menyimpan kendaraan listrik dan baterai yang rusak dengan aman.
Q
Mengapa kendaraan listrik berisiko mengalami kebakaran?
A
Kendaraan listrik berisiko mengalami kebakaran karena menggunakan baterai lithium-ion yang sangat mudah terbakar, terutama saat terjadi kecelakaan.
Q
Siapa yang memimpin eksperimen terkait metode mitigasi kebakaran?
A
Eksperimen terkait metode mitigasi kebakaran dipimpin oleh Kyle Fernandez, seorang Insinyur Penelitian Senior.
Q
Apa itu thermal runaway dan bagaimana pengaruhnya terhadap kendaraan listrik?
A
Thermal runaway adalah fenomena di mana baterai listrik memanas dengan cepat dan dapat menyebabkan kebakaran yang tidak terkendali.
Q
Apa rekomendasi dari National Highway Traffic Safety Administration terkait penyimpanan kendaraan listrik yang rusak?
A
National Highway Traffic Safety Administration merekomendasikan agar kendaraan listrik yang rusak disimpan 50 kaki dari kendaraan dan bangunan lain untuk mengurangi risiko kebakaran.

Artikel Serupa

Baterai Logam Litium Aman dengan Teknologi Penghambat Api TerintegrasiInterestingEngineering
Teknologi
18 hari lalu
112 dibaca

Baterai Logam Litium Aman dengan Teknologi Penghambat Api Terintegrasi

Terobosan Baterai EV: Isi Cepat, Ringan, dan Hemat Logam KritisInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
43 dibaca

Terobosan Baterai EV: Isi Cepat, Ringan, dan Hemat Logam Kritis

Chery Uji Ketahanan Baterai EV di Lingkungan Lembap Ekstrem JakartaInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
47 dibaca

Chery Uji Ketahanan Baterai EV di Lingkungan Lembap Ekstrem Jakarta

Hithium Sukses Uji Baterai Energi Besar dengan Keamanan Terbaik di DuniaInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
60 dibaca

Hithium Sukses Uji Baterai Energi Besar dengan Keamanan Terbaik di Dunia

Teknologi Baru Pantau Kerusakan Baterai EV Saat Suhu EkstremInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
71 dibaca

Teknologi Baru Pantau Kerusakan Baterai EV Saat Suhu Ekstrem

Perbaikan Modul Baterai EV: Solusi Hemat dan Ramah LingkunganInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
62 dibaca

Perbaikan Modul Baterai EV: Solusi Hemat dan Ramah Lingkungan

Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
74 dibaca

Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.