Penelitian terobosan mengatasi hambatan kunci untuk baterai Li-ion yang lebih tahan lama bagi kendaraan listrik (EV).
Courtesy of InterestingEngineering

Penelitian terobosan mengatasi hambatan kunci untuk baterai Li-ion yang lebih tahan lama bagi kendaraan listrik (EV).

14 Feb 2025, 00.39 WIB
97 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Penelitian ini mengidentifikasi penyebab degradasi baterai LiNiO₂ yang telah menjadi masalah selama beberapa dekade.
  • Solusi teoritis yang diusulkan dapat meningkatkan umur baterai dan kinerjanya dalam aplikasi konsumen dan industri.
  • Inisiatif BEACONS bertujuan untuk mempercepat transisi dari penelitian ke produksi baterai skala besar.
Peneliti di Universitas Texas di Dallas telah menemukan penyebab utama kerusakan pada baterai lithium nickel oxide (LiNiO₂). Penemuan ini dapat membuka potensi material ini untuk baterai lithium-ion yang lebih tahan lama, yang digunakan dalam kendaraan listrik, sistem penyimpanan energi, dan perangkat elektronik lainnya. Meskipun LiNiO₂ telah dikenal sejak tahun 1950-an, penggunaannya terbatas karena kerusakan yang terjadi setelah siklus pengisian ulang. Penelitian ini menunjukkan bahwa reaksi kimia yang melibatkan atom oksigen dalam struktur LiNiO₂ menyebabkan material menjadi tidak stabil dan retak.
Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan pemodelan komputasi untuk menganalisis proses pada tingkat atom selama fase pengisian terakhir. Mereka menemukan bahwa dengan memperkuat katoda LiNiO₂ menggunakan ion positif, material dapat diperkuat dan kerusakannya dapat dihambat. Penelitian ini merupakan bagian dari inisiatif BEACONS yang bertujuan mengembangkan teknologi baterai baru dan meningkatkan ketersediaan bahan baku penting. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan baterai yang lebih tahan lama dan berkinerja tinggi dapat diproduksi untuk berbagai aplikasi konsumen dan industri.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa penyebab utama degradasi baterai lithium nickel oxide (LiNiO₂)?
A
Penyebab utama degradasi baterai LiNiO₂ adalah reaksi kimia yang melibatkan atom oksigen dalam struktur LiNiO₂ yang menyebabkan material menjadi tidak stabil dan retak.
Q
Mengapa LiNiO₂ menjadi alternatif menarik untuk material katoda tradisional?
A
LiNiO₂ menjadi alternatif menarik karena memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja baterai lithium-ion, meskipun adopsinya terhambat oleh ketidakstabilan strukturalnya.
Q
Apa solusi teoritis yang diusulkan oleh peneliti UT Dallas untuk mengatasi masalah degradasi?
A
Solusi teoritis yang diusulkan adalah memperkuat katoda LiNiO₂ dengan memperkenalkan ion positif untuk membentuk 'tiang' yang memperkuat material dan menghambat degradasi.
Q
Apa tujuan dari inisiatif BEACONS yang diluncurkan pada tahun 2023?
A
Tujuan dari inisiatif BEACONS adalah mengembangkan dan mengkomersialkan teknologi baterai baru serta meningkatkan ketersediaan material mentah yang penting.
Q
Siapa yang memimpin penelitian ini dan apa perannya?
A
Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Kyeongjae Cho, yang merupakan profesor ilmu material dan teknik serta direktur program BEACONS.

Artikel Serupa

Baterai EV yang bertenaga mencapai 570 Wh/kg energi, tetap 78% kuat setelah 1.000 pengisian.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
45 dibaca

Baterai EV yang bertenaga mencapai 570 Wh/kg energi, tetap 78% kuat setelah 1.000 pengisian.

Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
136 dibaca

Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.

Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
65 dibaca

Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.

Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
67 dibaca

Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.

Daya tinggi: Ilmuwan AS mengembangkan baterai berbasis nikel yang lebih aman dan berenergi tinggi untuk kendaraan listrik (EV).InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
137 dibaca

Daya tinggi: Ilmuwan AS mengembangkan baterai berbasis nikel yang lebih aman dan berenergi tinggi untuk kendaraan listrik (EV).

Terobosan baterai EV solid-state dengan katoda Ni mempertahankan 80% kapasitas setelah 300 siklus.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
141 dibaca

Terobosan baterai EV solid-state dengan katoda Ni mempertahankan 80% kapasitas setelah 300 siklus.

Baterai EV lithium mendapatkan umur baru dengan 12.000 siklus lebih banyak berkat injeksi baru dari China.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
121 dibaca

Baterai EV lithium mendapatkan umur baru dengan 12.000 siklus lebih banyak berkat injeksi baru dari China.