Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Mengatasi Tantangan Loyalitas Konsumen dengan Program Hadiah di Tengah Harga Naik
Courtesy of YahooFinance
Bisnis
Marketing

Mengatasi Tantangan Loyalitas Konsumen dengan Program Hadiah di Tengah Harga Naik

31 Mar 2025, 23.25 WIB
96 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Program loyalitas menjadi semakin penting bagi pengecer untuk mempertahankan pelanggan di tengah kenaikan harga.
  • Pengalaman pelanggan yang buruk dan kualitas yang tidak konsisten juga berkontribusi pada penurunan loyalitas merek.
  • Sebagian besar konsumen lebih suka program yang menawarkan poin sebagai insentif untuk berbelanja.
Menurut survei dari Salesforce, dua pertiga retailer menawarkan program loyalitas kepada pelanggan. Sekitar 29% retailer berencana untuk meluncurkan program loyalitas dalam dua tahun ke depan. Lebih dari tiga perempat pelanggan terdaftar dalam program loyalitas, dan rata-rata setiap pembeli terdaftar di empat program. Program yang paling populer adalah yang berbasis poin, diikuti oleh model cash-back dan program bertingkat.
Baca juga: Wayfair Tingkatkan Pengalaman Belanja dengan Program Verified dan Rewards
Tingginya harga barang membuat banyak pelanggan beralih merek, dengan dua pertiga dari mereka melakukannya dalam setahun terakhir. Meskipun harga bisa diturunkan untuk menarik pelanggan, pada akhirnya retailer harus menaikkan harga. Oleh karena itu, banyak retailer mulai mengandalkan program loyalitas untuk menjaga pelanggan tetap setia. Selain harga, pengalaman pelanggan yang buruk dan kualitas yang tidak konsisten juga menjadi alasan utama pelanggan berpindah merek.
Program loyalitas bisa sangat efektif, karena 84% anggota program tersebut lebih cenderung untuk melakukan pembelian ulang. Poin adalah daya tarik utama dari program ini, diikuti oleh penawaran dari merek mitra, pengiriman gratis, dan layanan gratis atau diskon. Namun, tidak semua program loyalitas berhasil, karena lebih dari sepertiga pelanggan terdaftar dalam program yang tidak pernah mereka gunakan.
--------------------
Analisis Kami: Program loyalitas memang efektif sebagai alat mempertahankan pelanggan, tapi tetap tidak bisa mengatasi masalah pengalaman pelanggan yang buruk dan kualitas produk yang tidak konsisten. Retailer harus fokus memperbaiki keseluruhan pengalaman pelanggan agar program loyalitas benar-benar memberikan nilai dan tidak sekadar menjadi gimmick.
--------------------
Analisis Ahli:
Rob Holston: Setelah peran harga mulai terbatas karena inflasi, pengalaman pelanggan di lingkungan fisik dan digital harus menjadi fokus utama untuk mendorong loyalitas.
--------------------
Baca juga: Mengoptimalkan Pembayaran sebagai Kunci Membangun Loyalitas Pelanggan Saat Penjualan Musim Panas
What's Next: Program loyalitas akan semakin berkembang dan disesuaikan dengan pengalaman pelanggan yang lebih baik baik secara fisik maupun digital, menjadi strategi utama retailer untuk mempertahankan pelanggan meskipun harga naik.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/retailers-fight-customer-churn-loyalty-162500596.html

Pertanyaan Terkait

Q
Berapa persen pengecer yang menawarkan program loyalitas?
A
Dua pertiga pengecer menawarkan program loyalitas.
Q
Apa model program loyalitas yang paling populer di kalangan pengecer?
A
Model program loyalitas yang paling populer adalah program berbasis poin, yang ditawarkan oleh 57% pengecer.
Q
Apa alasan utama konsumen beralih merek?
A
Alasan utama konsumen beralih merek adalah harga tinggi, dengan dua pertiga konsumen melakukannya dalam setahun terakhir.
Q
Seberapa besar pengaruh program loyalitas terhadap keputusan pembelian konsumen?
A
Sekitar 84% anggota program loyalitas mengatakan bahwa program tersebut membuat mereka lebih mungkin untuk melakukan pembelian ulang.
Q
Apa yang terjadi dengan program loyalitas yang tidak digunakan oleh konsumen?
A
Lebih dari sepertiga pembeli terdaftar dalam program loyalitas yang belum pernah mereka gunakan.

Artikel Serupa

Bagaimana Retailer Bisa Membangun Kepercayaan Konsumen Lewat Data Pribadi
Bagaimana Retailer Bisa Membangun Kepercayaan Konsumen Lewat Data Pribadi
Dari YahooFinance
Petco Tingkatkan Layanan dan Program Loyalitas untuk Raih Kepercayaan Pelanggan
Petco Tingkatkan Layanan dan Program Loyalitas untuk Raih Kepercayaan Pelanggan
Dari YahooFinance
Ulta Beauty Tingkatkan Personalisasi Digital dan Loyalitas di Tengah Ketidakpastian Ekonomi
Ulta Beauty Tingkatkan Personalisasi Digital dan Loyalitas di Tengah Ketidakpastian Ekonomi
Dari YahooFinance
Bagaimana Influencer Mengubah Cara Pelanggan Memilih dan Setia Pada Merek
Bagaimana Influencer Mengubah Cara Pelanggan Memilih dan Setia Pada Merek
Dari YahooFinance
Cava Tingkatkan Penjualan Lewat Program Loyalitas Berbasis Poin dan Inovasi Restoran
Cava Tingkatkan Penjualan Lewat Program Loyalitas Berbasis Poin dan Inovasi Restoran
Dari YahooFinance
Rove: Program Miles Universal untuk Gen Z yang Ingin Terbang Murah Tanpa Kartu Kredit
Rove: Program Miles Universal untuk Gen Z yang Ingin Terbang Murah Tanpa Kartu Kredit
Dari TechCrunch
Bagaimana Retailer Bisa Membangun Kepercayaan Konsumen Lewat Data PribadiYahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
36 dibaca

Bagaimana Retailer Bisa Membangun Kepercayaan Konsumen Lewat Data Pribadi

Petco Tingkatkan Layanan dan Program Loyalitas untuk Raih Kepercayaan PelangganYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
96 dibaca

Petco Tingkatkan Layanan dan Program Loyalitas untuk Raih Kepercayaan Pelanggan

Ulta Beauty Tingkatkan Personalisasi Digital dan Loyalitas di Tengah Ketidakpastian EkonomiYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
119 dibaca

Ulta Beauty Tingkatkan Personalisasi Digital dan Loyalitas di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

Bagaimana Influencer Mengubah Cara Pelanggan Memilih dan Setia Pada MerekYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
55 dibaca

Bagaimana Influencer Mengubah Cara Pelanggan Memilih dan Setia Pada Merek

Cava Tingkatkan Penjualan Lewat Program Loyalitas Berbasis Poin dan Inovasi RestoranYahooFinance
Bisnis
3 bulan lalu
96 dibaca

Cava Tingkatkan Penjualan Lewat Program Loyalitas Berbasis Poin dan Inovasi Restoran

Rove: Program Miles Universal untuk Gen Z yang Ingin Terbang Murah Tanpa Kartu KreditTechCrunch
Bisnis
3 bulan lalu
78 dibaca

Rove: Program Miles Universal untuk Gen Z yang Ingin Terbang Murah Tanpa Kartu Kredit