Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Demo Ojek Online: Perjuangan Driver dan Risiko Intervensi Tarif Potongan
Courtesy of CNBCIndonesia
Finansial
Kebijakan Fiskal

Demo Ojek Online: Perjuangan Driver dan Risiko Intervensi Tarif Potongan

Mengkomunikasikan posisi pemerintah dan ORASKI tentang tuntutan pengemudi ojek online terkait regulasi potongan aplikasi dan upaya peningkatan kesejahteraan driver tanpa intervensi tarif langsung.

19 Mei 2025, 15.05 WIB
123 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Pemerintah mendukung perjuangan pengemudi ojek online dalam meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan.
  • ORASKI menolak usulan pembatasan potongan tarif karena dapat membahayakan keberlangsungan transportasi online.
  • Insentif pajak dan dukungan lainnya dianggap lebih efektif daripada intervensi langsung pada tarif potongan aplikasi.
Jakarta, Indonesia - Pengemudi ojek online berencana menggelar demo besar pada tanggal 20 Mei 2025 untuk menuntut perlindungan dan penurunan tarif potongan aplikasi. Selain aksi demo, mereka juga akan mematikan aplikasi secara serentak sebagai bentuk protes.
Baca juga: Driver Ojek Online Tolak Potongan 10%, Minta Perppu dari Presiden Prabowo
Pemerintah memberi dukungan secara prinsip kepada pengemudi, terutama terkait perlindungan pekerja. Namun, pemerintah tidak setuju mencampuri urusan tarif potongan yang merupakan ruang bisnis antar aplikator dan mitranya.
Organisasi ORASKI menolak usulan pembatasan tarif potongan maksimal 10% yang diajukan oleh DPR, karena dianggap bisa merusak ekosistem transportasi online yang sudah berjalan mandiri tanpa bantuan subsidi pemerintah.
Fahmi Maharaja dari ORASKI menegaskan bahwa bila regulasi yang tidak tepat diberlakukan, aplikator bisa tutup, membuat jutaan driver kehilangan pekerjaan. Sebaiknya solusi yang diambil adalah memberikan insentif pajak, subsidi kendaraan, dan edukasi berkelanjutan kepada driver.
Beberapa pengemudi juga memilih tidak ikut aksi demo dan tidak mendukung pembatasan potongan tarif, sehingga pandangan di kalangan pengemudi tidak seragam terkait langkah yang perlu diambil.
--------------------
Analisis Kami: Menetapkan batas potongan aplikasi secara paksa tanpa kajian menyeluruh bisa merusak keseimbangan pasar transportasi online yang selama ini beroperasi dengan mandiri. Pendekatan yang lebih bijaksana adalah memberikan dukungan langsung seperti insentif pajak dan subsidi untuk mendorong kesejahteraan driver tanpa mengganggu kelangsungan bisnis aplikator.
--------------------
Analisis Ahli:
Fahmi Maharaja: Pembatasan potongan aplikasi bisa menjadi preseden buruk yang menghancurkan ekosistem transportasi online dan membuat jutaan driver kehilangan pekerjaan.
Immanuel Ebenezer: Pemerintah mendukung perjuangan pengemudi soal perlindungan, namun mencari solusi yang terbaik tanpa mengganggu struktur bisnis yang ada.
--------------------
Baca juga: Demo Pengemudi Ojek Online di Jakarta Tolak Jadi Pekerja dan Minta Perppu
What's Next: Jika pemerintah memaksakan pembatasan potongan aplikasi tanpa pendekatan yang tepat, dikhawatirkan akan terjadi keruntuhan ekosistem transportasi online yang menyebabkan banyak driver kehilangan pekerjaan dan aplikasi tutup.
Referensi:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250519143754-37-634360/driver-ojol-terbelah-kubu-tolak-demo-buka-bukaan-bahaya-besar

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang direncanakan oleh pengemudi ojek online pada 20 Mei 2025?
A
Pengemudi ojek online merencanakan demo besar-besaran dan mematikan aplikasi secara serentak.
Q
Siapa yang mendukung perjuangan pengemudi ojek online?
A
Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Immanuel Ebenezer, menyatakan dukungan pemerintah terhadap perjuangan mereka.
Q
Apa pendapat ORASKI tentang usulan DPR terkait potongan tarif?
A
ORASKI menolak usulan DPR dan mengatakan bahwa itu bisa menjadi preseden buruk bagi transportasi online.
Q
Apa risiko yang dihadapi jika pemerintah memaksakan intervensi pada regulasi tarif?
A
Risiko tersebut adalah keruntuhan ekosistem transportasi online yang dapat menyebabkan jutaan driver kehilangan pekerjaan.
Q
Apa alternatif yang disarankan untuk meningkatkan kesejahteraan driver online?
A
Alternatif yang disarankan adalah melalui insentif pajak, subsidi kendaraan, dan edukasi berkelanjutan.

Artikel Serupa

Kemenhub Kaji Kenaikan Tarif Ojek Online Dengan Pendekatan Adil dan Transparan
Kemenhub Kaji Kenaikan Tarif Ojek Online Dengan Pendekatan Adil dan Transparan
Dari CNBCIndonesia
Protes Potongan Ojol, Pemerintah Jembatani Tuntutan dari 20% ke 10%
Protes Potongan Ojol, Pemerintah Jembatani Tuntutan dari 20% ke 10%
Dari CNBCIndonesia
Pemerintah dan Driver Ojol Bahas Revisi Tarif dan Komisi Aplikator
Pemerintah dan Driver Ojol Bahas Revisi Tarif dan Komisi Aplikator
Dari CNBCIndonesia
DPR Dorong Potongan Tarif Ojek Online Lebih Adil untuk Pengemudi
DPR Dorong Potongan Tarif Ojek Online Lebih Adil untuk Pengemudi
Dari CNBCIndonesia
Kenapa Potongan Komisi Ojol Sengit Diperdebatkan dan Dampaknya untuk Pengemudi
Kenapa Potongan Komisi Ojol Sengit Diperdebatkan dan Dampaknya untuk Pengemudi
Dari CNBCIndonesia
Ribuan Driver Ojek Online Jakarta Tuntut Tarif Pengantaran yang Lebih Adil
Ribuan Driver Ojek Online Jakarta Tuntut Tarif Pengantaran yang Lebih Adil
Dari CNBCIndonesia
Pengemudi Ojol Demo Minta Potongan Aplikasi Maksimal 10% di Jakarta
Pengemudi Ojol Demo Minta Potongan Aplikasi Maksimal 10% di Jakarta
Dari CNBCIndonesia
Kemenhub Kaji Kenaikan Tarif Ojek Online Dengan Pendekatan Adil dan TransparanCNBCIndonesia
Finansial
1 bulan lalu
54 dibaca

Kemenhub Kaji Kenaikan Tarif Ojek Online Dengan Pendekatan Adil dan Transparan

Protes Potongan Ojol, Pemerintah Jembatani Tuntutan dari 20% ke 10%CNBCIndonesia
Bisnis
2 bulan lalu
146 dibaca

Protes Potongan Ojol, Pemerintah Jembatani Tuntutan dari 20% ke 10%

Pemerintah dan Driver Ojol Bahas Revisi Tarif dan Komisi AplikatorCNBCIndonesia
Bisnis
3 bulan lalu
138 dibaca

Pemerintah dan Driver Ojol Bahas Revisi Tarif dan Komisi Aplikator

DPR Dorong Potongan Tarif Ojek Online Lebih Adil untuk PengemudiCNBCIndonesia
Bisnis
3 bulan lalu
29 dibaca

DPR Dorong Potongan Tarif Ojek Online Lebih Adil untuk Pengemudi

Kenapa Potongan Komisi Ojol Sengit Diperdebatkan dan Dampaknya untuk PengemudiCNBCIndonesia
Bisnis
3 bulan lalu
85 dibaca

Kenapa Potongan Komisi Ojol Sengit Diperdebatkan dan Dampaknya untuk Pengemudi

Ribuan Driver Ojek Online Jakarta Tuntut Tarif Pengantaran yang Lebih AdilCNBCIndonesia
Finansial
3 bulan lalu
98 dibaca

Ribuan Driver Ojek Online Jakarta Tuntut Tarif Pengantaran yang Lebih Adil

Pengemudi Ojol Demo Minta Potongan Aplikasi Maksimal 10% di JakartaCNBCIndonesia
Finansial
3 bulan lalu
72 dibaca

Pengemudi Ojol Demo Minta Potongan Aplikasi Maksimal 10% di Jakarta