Inovasi Katoda Baterai Tanpa Kobalt dan Nikel dengan Metode Molten Salt
Courtesy of InterestingEngineering

Inovasi Katoda Baterai Tanpa Kobalt dan Nikel dengan Metode Molten Salt

Mengembangkan metode produksi katoda baterai lithium-ion yang bebas kobalt dan nikel dengan kualitas seragam dan dapat diskalakan secara massal untuk meningkatkan performa dan keberlanjutan baterai.

12 Jul 2025, 03.51 WIB
85 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Metode baru ini memungkinkan produksi katoda DRX yang efisien dan berkelanjutan.
  • Katoda DRX dapat menggantikan kebutuhan akan kobalt dan nikel, mengurangi dampak lingkungan.
  • Inovasi ini membuka jalan bagi pengembangan baterai lithium-ion generasi berikutnya yang lebih murah dan ramah lingkungan.
Montreal, Kanada - Baterai lithium-ion saat ini masih mengandalkan logam mahal seperti kobalt dan nikel yang membawa masalah lingkungan dan etika. Oleh karena itu, mencari alternatif katoda yang lebih ramah menjadi penting.
Para peneliti di McGill University menciptakan metode baru yang menggunakan dua langkah molten salt untuk menghasilkan katoda tipe disordered rock-salt (DRX) yang berkualitas tinggi, seragam, dan sangat kecil ukurannya.
Metode ini menghilangkan kebutuhan proses penggilingan setelah sintesis, yang selama ini membuat produksi DRX menjadi tidak efisien dan sulit dilakukan secara massal.
Baterai yang memakai katoda DRX hasil metode ini bisa mempertahankan 85% kapasitas setelah 100 kali pengisian ulang, dua kali lebih tahan lama dibandingkan katoda DRX sebelumnya.
Inovasi ini dapat membantu industri baterai beralih ke solusi yang lebih murah, ramah lingkungan, dan mudah diproduksi secara besar-besaran, membuka jalan untuk kendaraan listrik dan penyimpanan energi yang lebih baik.
Sumber: https://interestingengineering.com/energy/drx-battery-tech-performance-boost

Artikel Serupa

Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
144 dibaca

Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.

Baterai lithium mati dihidupkan kembali dengan sihir garam cair, mempertahankan 81% daya.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
52 dibaca

Baterai lithium mati dihidupkan kembali dengan sihir garam cair, mempertahankan 81% daya.

Para ilmuwan mengekstrak daya baterai EV dari danau garam tanpa menciptakan polusi.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
56 dibaca

Para ilmuwan mengekstrak daya baterai EV dari danau garam tanpa menciptakan polusi.

Peneliti AS memecahkan tantangan lithium dengan ekstraksi hampir sempurna untuk baterai EV.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
97 dibaca

Peneliti AS memecahkan tantangan lithium dengan ekstraksi hampir sempurna untuk baterai EV.

Teknologi baterai EV terobosan mengatasi kecemasan jarak tempuh, mencapai 595.46 km (370 mil) dalam satu pengisian.InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
50 dibaca

Teknologi baterai EV terobosan mengatasi kecemasan jarak tempuh, mencapai 595.46 km (370 mil) dalam satu pengisian.

Pemulihan litium dari brine danau garam mencapai efisiensi yang lebih tinggi dengan elektroda baru.InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
49 dibaca

Pemulihan litium dari brine danau garam mencapai efisiensi yang lebih tinggi dengan elektroda baru.