Courtesy of YahooFinance
DoorDash Luncurkan Alat Baru untuk Tingkatkan Penjualan Langsung Restoran
Memperkenalkan dan menjelaskan fitur baru dari platform komersial DoorDash yang membantu restoran mengembangkan merek mereka, meningkatkan profitabilitas melalui penjualan langsung, dan mengelola pengalaman pelanggan secara terintegrasi untuk membangun loyalitas dan meningkatkan penjualan berulang.
21 Agt 2025, 16.18 WIB
28 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- DoorDash menawarkan alat untuk meningkatkan penjualan langsung bagi restoran.
- Program loyalitas memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan rewards yang terhubung dengan berbagai cara pemesanan.
- Platform ini mengintegrasikan alat CRM untuk membantu restoran dalam pemasaran yang lebih efektif.
Dallas-Fort Worth, Amerika Serikat - DoorDash meluncurkan rangkaian alat terbaru dalam platform komersialnya yang ditujukan untuk membantu restoran meningkatkan penjualan langsung kepada pelanggan melalui website, aplikasi, dan interaksi di tempat. Alat ini berjalan di infrastruktur yang sama dengan pasar DoorDash sehingga restoran bisa membangun merek serta pengalaman pelanggan yang lebih terintegrasi.
Fitur utama dari platform ini termasuk program loyalitas yang memungkinkan pelanggan memperoleh poin walaupun mereka memesan lewat situs atau aplikasi restoran, tanpa perlu integrasi sistem point-of-sale. Pelanggan hanya cukup menghubungkan kartu pembayaran mereka untuk mengikuti program tersebut.
Restoran dapat dengan mudah membuat situs web beroptimasi SEO dengan menggunakan menu, brand, dan gambar dari DoorDash tanpa perlu pengembangan backend tambahan. Selain itu, platform ini juga mengintegrasikan alat Customer Relationship Management (CRM) yang mendukung otomatisasi dan personalisasi kampanye melalui email dan SMS.
Semua ini dikelola melalui dashboard tunggal yang memungkinkan restoran mengontrol mulai dari pesanan, program loyalitas, hingga strategi pemasaran digital. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan sekaligus memaksimalkan keuntungan.
Selain peluncuran fitur baru, DoorDash juga mengawali layanan pengiriman menggunakan drone di wilayah Dallas-Fort Worth pada Juni 2025, menandai langkah inovasi teknologi dalam pelayanan logistik yang dapat mempercepat pengiriman makanan.
--------------------
Analisis Kami: Pendekatan DoorDash yang mengedepankan pengalaman pelanggan yang terintegrasi dan mudah diakses tanpa perlu pengembangan teknis rumit adalah langkah strategis yang bisa mengubah cara restoran menjalankan penjualan digital mereka. Namun, kesuksesan implementasi ini sangat bergantung pada kemampuan restoran dalam mengoptimalkan penggunaan alat CRM dan loyalitas yang disediakan agar benar-benar efektif mendongkrak penjualan.
--------------------
Analisis Ahli:
Brian Chesky: Penggunaannya platform yang mudah dan terintegrasi akan membantu pelaku bisnis kecil untuk bersaing di era digital dengan lebih efektif.
Annette Franz: Fokus pada pengalaman pelanggan yang konsisten di berbagai channel merupakan kunci untuk membangun loyalitas jangka panjang.
--------------------
What's Next: Dengan alat baru ini, kemungkinan besar restoran akan lebih mampu meningkatkan penjualan langsung dan membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat, mengurangi ketergantungan pada platform pihak ketiga, dan mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih sehat secara digital.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/doordash-announces-commerce-platform-expansion-091806454.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/doordash-announces-commerce-platform-expansion-091806454.html