Terobosan Baterai Natrium-Ion Solid-State yang Lebih Aman dan Murah
Courtesy of CNBCIndonesia

Terobosan Baterai Natrium-Ion Solid-State yang Lebih Aman dan Murah

Menginformasikan tentang terobosan teknologi baterai natrium-ion berbasis solid-state yang lebih aman, lebih murah, dan memiliki kinerja hampir setara dengan baterai lithium-ion, sehingga berpotensi mengubah pasar baterai untuk kendaraan listrik dan penyimpanan energi.

17 Des 2025, 06.25 WIB
121 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Baterai natrium-ion berbasis solid-state menawarkan alternatif yang lebih aman dan murah dibandingkan baterai lithium-ion.
  • Inovasi material baru meningkatkan kinerja baterai natrium-ion dan mengurangi risiko kebakaran.
  • Produksi massal baterai natrium-ion oleh produsen besar seperti CATL dan BYD menunjukkan potensi pasar yang besar untuk teknologi ini.
Jakarta, Indonesia - Para ilmuwan telah mengembangkan baterai natrium-ion berbasis solid-state yang berpotensi menjadi alternatif lebih aman dari baterai lithium-ion yang selama ini digunakan di kendaraan listrik dan perangkat elektronik. Baterai jenis ini mengurangi risiko kebakaran yang biasa terkait dengan baterai lithium-ion.
Penelitian terbaru memperkenalkan material baru yang mengandung sulfur dan klorin, yang memungkinkan baterai ini memiliki konduktivitas tinggi seperti elektrolit cair namun dengan keamanan yang jauh lebih baik. Hal ini dapat mengatasi masalah thermal runaway yang berbahaya pada baterai lithium-ion.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa baterai ini memiliki efisiensi tinggi dengan stabilitas yang baik, mampu bertahan hingga 600 siklus pengisian tanpa kehilangan performa signifikan. Ini mendekati standar baterai lithium yang saat ini digunakan secara komersial.
Selain keamanan, baterai natrium-ion juga menawarkan kelebihan biaya produksi yang lebih rendah karena natrium lebih melimpah dibanding lithium. Baterai ini juga lebih mudah didaur ulang dan lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung logam berat serta material berbahaya.
Perusahaan besar seperti CATL dan BYD sudah mulai mengembangkan dan memproduksi baterai jenis ini untuk kendaraan dan penyimpanan energi skala besar. Teknologi ini diperkirakan akan mulai digunakan secara luas pada kendaraan listrik mulai tahun 2026.
Referensi:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20251212151401-37-693753/mobil-bensin-mau-punah-penggantinya-ditemukan-jauh-lebih-murah

Analisis Ahli

Yang Zhao
"Teknologi sinar-X tingkat lanjut sangat penting untuk memahami struktur kimia material baterai solid-state yang kami kembangkan, yang memungkinkan peningkatan keamanan dan stabilitas baterai natrium-ion."

Analisis Kami

"Kemajuan dalam baterai natrium-ion solid-state ini sangat penting karena mengatasi masalah keamanan utama baterai lithium-ion tanpa mengorbankan efisiensi kinerja secara signifikan. Jika teknologi ini dapat dikomersialisasikan secara luas, ini bisa menjadi revolusi dalam industri kendaraan listrik dan penyimpanan energi yang jauh lebih ramah lingkungan dan ekonomis."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun ke depan, baterai natrium-ion solid-state akan mulai digunakan secara luas dalam kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi, mengurangi ketergantungan pada baterai lithium-ion dan meningkatkan keamanan serta keberlanjutan industri baterai.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diumumkan oleh para ilmuwan terkait teknologi baterai?
A
Para ilmuwan mengumumkan terobosan baru dalam teknologi baterai natrium-ion berbasis solid-state yang lebih aman dan lebih murah.
Q
Mengapa baterai natrium-ion dianggap lebih aman dibandingkan baterai lithium-ion?
A
Baterai natrium-ion dianggap lebih aman karena menggunakan material katoda yang lebih stabil dan potensi elektrokimia yang lebih rendah, sehingga mengurangi risiko kegagalan termal.
Q
Apa tantangan yang dihadapi oleh baterai natrium-ion?
A
Tantangan yang dihadapi oleh baterai natrium-ion termasuk kepadatan energi yang lebih rendah dan degradasi yang lebih cepat dibandingkan baterai lithium-ion.
Q
Apa hasil dari penelitian terbaru mengenai baterai natrium-ion?
A
Penelitian terbaru menunjukkan baterai prototipe natrium-ion memiliki efisiensi Coulombic 99,26% setelah 600 siklus pengisian, mendekati standar baterai lithium komersial.
Q
Siapa saja produsen yang sudah mulai mengembangkan baterai natrium-ion?
A
Produsen seperti CATL dan BYD sudah mulai mengembangkan baterai natrium-ion, dengan CATL berencana memproduksi massal pada tahun 2026.