Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Starbucks Tawarkan Kopi Gratis Pasca Super Bowl sebagai Bagian Perubahan Strategi
Courtesy of YahooFinance
Bisnis
Marketing

Starbucks Tawarkan Kopi Gratis Pasca Super Bowl sebagai Bagian Perubahan Strategi

09 Feb 2025, 22.00 WIB
160 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Starbucks menawarkan kopi gratis untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.
  • Brian Niccol menerapkan perubahan untuk menyederhanakan menu dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
  • Iklan Super Bowl digunakan untuk mempromosikan perubahan dan penawaran baru di Starbucks.
Starbucks akan memberikan kopi gratis pada hari Senin, tepat setelah Super Bowl. Ini adalah bagian dari strategi CEO Brian Niccol yang ingin meningkatkan keuntungan perusahaan dengan mengurangi penawaran dan giveaway. Anggota program loyalitas Starbucks Rewards dapat mengaktifkan kupon untuk mendapatkan satu kopi gratis berukuran tall (12 ons) yang bisa dipesan melalui aplikasi atau langsung di toko.
Baca juga: CEO Baru Starbucks Berjuang Menghidupkan Kembali Penjualan yang Terus Menurun
Perubahan ini juga terlihat dalam iklan yang akan ditayangkan sebelum dan setelah Super Bowl, yang menunjukkan barista membuka toko dan menulis pesan di cangkir. Starbucks juga menginstruksikan karyawan untuk menulis pesan sederhana dan pribadi di cangkir, meskipun beberapa barista merasa hal ini memperlambat pelayanan. Selain itu, Starbucks berencana untuk mengurangi 30% menu mereka untuk menyederhanakan pilihan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
--------------------
Analisis Kami: Strategi Brian Niccol untuk mengurangi promo sekaligus menambahkan sentuhan personal di Starbucks berpotensi memperkuat hubungan emosional pelanggan dengan merek. Namun, pendekatan penulisan pesan manual di setiap gelas bisa jadi kontra-produktif jika menghambat kecepatan layanan di jam sibuk.
--------------------
Analisis Ahli:
Howard Schultz: Upaya mengembalikan pengalaman otentik di Starbucks sangat penting untuk mempertahankan basis pelanggan dan membedakan merek di tengah persaingan yang ketat.
Karen Niemla: Fokus pada penyederhanaan menu dan peningkatan pengalaman pelanggan merupakan langkah strategis yang tepat untuk efisiensi operasional dan loyalitas jangka panjang.
--------------------
Baca juga: Starbucks Kurangi Menu Minuman untuk Tingkatkan Efisiensi dan Inovasi
What's Next: Penawaran kopi gratis dan perubahan yang dilakukan diprediksi akan meningkatkan kunjungan dan loyalitas pelanggan, namun perusahaan harus terus memantau agar perubahan tidak menurunkan kecepatan layanan dan kepuasan pengguna.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/starbucks-giving-away-free-coffee-150047038.html

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditawarkan Starbucks pada hari Senin?
A
Starbucks menawarkan kopi gratis untuk anggota program loyalitas pada hari Senin.
Q
Siapa CEO Starbucks yang saat ini memimpin perusahaan?
A
CEO Starbucks saat ini adalah Brian Niccol.
Q
Bagaimana cara mendapatkan kopi gratis dari Starbucks?
A
Anggota program loyalitas dapat mengaktifkan kupon di aplikasi Starbucks untuk mendapatkan kopi gratis.
Q
Apa perubahan yang dilakukan oleh Brian Niccol di Starbucks?
A
Brian Niccol melakukan perubahan seperti mengurangi menu dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Q
Apa yang ditampilkan dalam iklan Starbucks sebelum dan setelah Super Bowl?
A
Iklan Starbucks menunjukkan barista membuka lokasi dan menulis pesan di cangkir dengan suara latar yang menyatakan 'Starbucks yang Anda cintai kembali... halo lagi.'

Artikel Serupa

Starbucks Pangkas 1.100 Karyawan Korporat untuk Tingkatkan Efisiensi dan Tarik Pelanggan
Starbucks Pangkas 1.100 Karyawan Korporat untuk Tingkatkan Efisiensi dan Tarik Pelanggan
Dari YahooFinance
Starbucks Pangkas 7% Tenaga Kerja Korporat Demi Perbaiki Kinerja
Starbucks Pangkas 7% Tenaga Kerja Korporat Demi Perbaiki Kinerja
Dari YahooFinance
Starbucks Pangkas 1.100 Pekerjaan Korporat untuk Tingkatkan Efisiensi dan Perbaikan
Starbucks Pangkas 1.100 Pekerjaan Korporat untuk Tingkatkan Efisiensi dan Perbaikan
Dari YahooFinance
Starbucks Berusaha Kembali Jadi Tempat Nongkrong Sambil Kejar Waktu Drive-Thru
Starbucks Berusaha Kembali Jadi Tempat Nongkrong Sambil Kejar Waktu Drive-Thru
Dari YahooFinance
Starbucks Batasi Akses Toko Hanya Untuk Pelanggan Demi Keamanan dan Kenyamanan
Starbucks Batasi Akses Toko Hanya Untuk Pelanggan Demi Keamanan dan Kenyamanan
Dari YahooFinance
Penurunan Penjualan Starbucks Melambat, Perbaikan Layanan Mulai Terasa
Penurunan Penjualan Starbucks Melambat, Perbaikan Layanan Mulai Terasa
Dari YahooFinance
Starbucks Pangkas 1.100 Karyawan Korporat untuk Tingkatkan Efisiensi dan Tarik PelangganYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
55 dibaca

Starbucks Pangkas 1.100 Karyawan Korporat untuk Tingkatkan Efisiensi dan Tarik Pelanggan

Starbucks Pangkas 7% Tenaga Kerja Korporat Demi Perbaiki KinerjaYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
149 dibaca

Starbucks Pangkas 7% Tenaga Kerja Korporat Demi Perbaiki Kinerja

Starbucks Pangkas 1.100 Pekerjaan Korporat untuk Tingkatkan Efisiensi dan PerbaikanYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
52 dibaca

Starbucks Pangkas 1.100 Pekerjaan Korporat untuk Tingkatkan Efisiensi dan Perbaikan

Starbucks Berusaha Kembali Jadi Tempat Nongkrong Sambil Kejar Waktu Drive-ThruYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
230 dibaca

Starbucks Berusaha Kembali Jadi Tempat Nongkrong Sambil Kejar Waktu Drive-Thru

Starbucks Batasi Akses Toko Hanya Untuk Pelanggan Demi Keamanan dan KenyamananYahooFinance
Bisnis
6 bulan lalu
218 dibaca

Starbucks Batasi Akses Toko Hanya Untuk Pelanggan Demi Keamanan dan Kenyamanan

Penurunan Penjualan Starbucks Melambat, Perbaikan Layanan Mulai TerasaYahooFinance
Bisnis
6 bulan lalu
241 dibaca

Penurunan Penjualan Starbucks Melambat, Perbaikan Layanan Mulai Terasa