Kesenjangan Matematika Gender Muncul di Tahun Pertama Sekolah di Prancis
Courtesy of NatureMagazine

Kesenjangan Matematika Gender Muncul di Tahun Pertama Sekolah di Prancis

Mengidentifikasi kapan dan mengapa kesenjangan gender dalam kemampuan matematika mulai muncul pada anak-anak agar dapat mengembangkan strategi efektif untuk mencegah anak perempuan tertinggal dalam matematika.

11 Jun 2025, 07.00 WIB
53 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kesenjangan kinerja matematika antara anak laki-laki dan perempuan muncul dalam tahun pertama sekolah.
  • Pengalaman awal di sekolah berperan penting dalam menentukan kinerja matematika anak.
  • Kebijakan untuk mengatasi kesenjangan harus ditujukan untuk semua kelompok dan tidak terbatas pada satu kelompok saja.
Studi besar di Prancis menemukan bahwa anak laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan matematika yang sama saat memulai sekolah, tetapi setelah empat bulan, anak laki-laki mulai unggul dalam skor matematika. Kesenjangan ini semakin membesar setelah satu tahun sekolah. Temuan ini menunjukkan bahwa kesenjangan gender dalam matematika bukan karena faktor bawaan sejak lahir, melainkan dipengaruhi oleh pengalaman dan lingkungan pendidikan anak saat mulai sekolah formal. Penelitian tersebut menggunakan data hampir tiga juta anak dari berbagai wilayah dan latar belakang sosial di Prancis, sehingga hasilnya dianggap mencerminkan situasi secara nasional dan universal. Para ahli menyarankan agar sekolah dan guru memberikan dukungan yang memadai untuk mengurangi kecemasan terhadap matematika, mendorong partisipasi anak perempuan sama banyaknya dengan anak laki-laki, serta menstimulasi rasa ingin tahu di luar kelas. Penelitian ini menegaskan pentingnya tindakan segera dalam menangani kesenjangan gender dalam matematika agar anak perempuan tidak tertinggal dan dapat memiliki kesempatan yang sama dalam karier terkait matematika di masa depan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditemukan dalam studi besar tentang kesenjangan gender dalam matematika di Prancis?
A
Studi besar di Prancis menunjukkan bahwa kesenjangan gender dalam kinerja matematika muncul setelah anak-anak memasuki tahun pertama sekolah.
Q
Kapan kesenjangan kinerja matematika antara anak laki-laki dan perempuan mulai muncul?
A
Kesenjangan kinerja mulai muncul setelah empat bulan anak-anak mulai sekolah.
Q
Apa yang disarankan para peneliti untuk mengatasi kesenjangan ini?
A
Para peneliti menyarankan dukungan untuk mengurangi kecemasan matematika dan mendorong partisipasi anak perempuan di kelas.
Q
Mengapa penting untuk fokus pada pengalaman awal anak-anak di sekolah?
A
Fokus pada pengalaman awal di sekolah penting karena lingkungan pendidikan berpengaruh lebih besar daripada perbedaan bawaan.
Q
Apa yang menunjukkan bahwa kesenjangan ini bukan disebabkan oleh faktor bawaan?
A
Data menunjukkan bahwa anak laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang serupa sebelum memasuki sekolah.

Artikel Serupa

Britta Späth dan Marc Cabanes: Membuktikan Dugaan McKay Setelah 20 TahunWired
Sains
2 bulan lalu
88 dibaca

Britta Späth dan Marc Cabanes: Membuktikan Dugaan McKay Setelah 20 Tahun

Mengapa pendekatan holistik diperlukan untuk menutup kesenjangan gender dalam STEMForbes
Sains
4 bulan lalu
63 dibaca

Mengapa pendekatan holistik diperlukan untuk menutup kesenjangan gender dalam STEM

Siapa yang meninggalkan dunia akademis? Data mengungkapkan kesenjangan gender di bidang-bidang yang mengejutkan.NatureMagazine
Sains
5 bulan lalu
168 dibaca

Siapa yang meninggalkan dunia akademis? Data mengungkapkan kesenjangan gender di bidang-bidang yang mengejutkan.

Studi tentang biologiwan yang meninggalkan dunia akademis mengungkapkan kesenjangan gender yang tersembunyi.NatureMagazine
Sains
5 bulan lalu
42 dibaca

Studi tentang biologiwan yang meninggalkan dunia akademis mengungkapkan kesenjangan gender yang tersembunyi.

Tahun dalam MatematikaQuantaMagazine
Sains
6 bulan lalu
117 dibaca

Tahun dalam Matematika

Setiap Orang Mampu Berpikir Matematis—Ya, Bahkan Anda!Wired
Sains
6 bulan lalu
142 dibaca

Setiap Orang Mampu Berpikir Matematis—Ya, Bahkan Anda!