E-Commerce Indonesia Tutup Layanan, Bukalapak Fokus ke Produk Digital
Courtesy of CNBCIndonesia

E-Commerce Indonesia Tutup Layanan, Bukalapak Fokus ke Produk Digital

Menginformasikan tentang sejumlah e-commerce yang menutup layanan mereka di Indonesia beserta alasan dan strategi baru yang dijalankan, khususnya perubahan fokus Bukalapak pada produk digital sebagai upaya bisnis yang berkelanjutan.

20 Jul 2025, 14.45 WIB
54 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Banyak platform e-commerce di Indonesia yang menutup layanannya karena kesulitan bersaing.
  • Bukalapak beralih dari layanan marketplace ke produk digital untuk meningkatkan profitabilitas.
  • Perubahan strategi bisnis menjadi penting bagi e-commerce untuk bertahan di pasar yang kompetitif.
Jakarta, Indonesia - Dalam beberapa tahun terakhir, banyak platform e-commerce di Indonesia memutuskan untuk menutup layanan mereka. Hal ini disebabkan oleh persaingan yang semakin ketat dan perubahan strategi bisnis di tengah dinamika pasar yang cepat berkembang.
Beberapa e-commerce besar bahkan memilih menghentikan seluruh operasionalnya karena kesulitan menghadapi pemain besar seperti Tokopedia dan Bukalapak. Contohnya termasuk Elevania, Qlapa, dan JD.id yang sudah menutup layanan sesuai dengan alasan bisnis masing-masing.
Bukalapak, yang sempat menjadi unicorn, resmi menutup layanan jual beli produk fisik pada awal tahun ini. Keputusan ini diambil karena produk fisik hanya memberikan kontribusi kurang dari 3% total pendapatan perusahaan.
Saat ini, Bukalapak berfokus pada penjualan produk digital seperti pulsa, token listrik, dan layanan pembayaran BPJS. Selain itu, segmen digital lainnya seperti Mitra Bukalapak, Gaming, Investment, dan Retail akan menjadi strategi utama pertumbuhan bisnis ke depan.
Meski fitur jual beli fisik ditutup, aplikasi, situs web, dan layanan Mitra Bukalapak tetap dapat diakses dan beroperasi agar para pengguna masih menikmati layanan-layanan lain yang sudah tersedia sebelumnya.
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250720122356-37-650628/daftar-10-e-commerce-yang-gulung-tikar-di-indonesia

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menyebabkan Bukalapak menutup layanan marketplace-nya?
A
Bukalapak menutup layanan marketplace-nya karena penjualan produk fisik hanya menyumbang kurang dari 3% dari total pendapatan perusahaan.
Q
Kapan Elevania menutup layanannya?
A
Elevania menutup layanannya pada tahun 2023 setelah hampir 10 tahun beroperasi.
Q
Apa yang dilakukan JD.id sebelum menutup layanannya?
A
Sebelum menutup layanannya, JD.id melakukan beberapa kali PHK dan menutup layanan logistik.
Q
Apa yang menjadi fokus Bukalapak setelah menutup layanan produk fisik?
A
Setelah menutup layanan produk fisik, Bukalapak akan fokus pada produk digital seperti Mitra Bukalapak, Gaming, dan Investasi.
Q
Mengapa beberapa e-commerce di Indonesia kesulitan bersaing?
A
Beberapa e-commerce di Indonesia kesulitan bersaing karena persaingan yang ketat dengan pemain besar di industri.

Artikel Serupa

Kementerian Komunikasi Putuskan Akses eBay dan Dua Platform Lain Karena Tak DaftarCNBCIndonesia
Teknologi
28 hari lalu
112 dibaca

Kementerian Komunikasi Putuskan Akses eBay dan Dua Platform Lain Karena Tak Daftar

Alibaba Bangkit dengan Kolaborasi RedNote dan Fokus Ritel Instan di Tengah Persaingan KetatCNBCIndonesia
Bisnis
29 hari lalu
42 dibaca

Alibaba Bangkit dengan Kolaborasi RedNote dan Fokus Ritel Instan di Tengah Persaingan Ketat

Beberapa Platform Digital Mulai Registrasi Ulang untuk Hindari PemblokiranCNBCIndonesia
Teknologi
1 bulan lalu
54 dibaca

Beberapa Platform Digital Mulai Registrasi Ulang untuk Hindari Pemblokiran

Alibaba Bangkit dengan Layanan Pengiriman Instan dan Kerja Sama dengan AppleCNBCIndonesia
Bisnis
2 bulan lalu
124 dibaca

Alibaba Bangkit dengan Layanan Pengiriman Instan dan Kerja Sama dengan Apple

Alibaba Bangkit dengan Kolaborasi RedNote dan Ekspansi Ritel Instan di ChinaCNBCIndonesia
Bisnis
2 bulan lalu
92 dibaca

Alibaba Bangkit dengan Kolaborasi RedNote dan Ekspansi Ritel Instan di China

OpenAI dan Shopify Kolaborasi Hadirkan Belanja Langsung di ChatGPTCNBCIndonesia
Teknologi
3 bulan lalu
147 dibaca

OpenAI dan Shopify Kolaborasi Hadirkan Belanja Langsung di ChatGPT