Telkomsel Percepat Pemulihan Jaringan di Wilayah Bencana Sumatera
Courtesy of CNBCIndonesia

Telkomsel Percepat Pemulihan Jaringan di Wilayah Bencana Sumatera

Memastikan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah bencana agar masyarakat tetap bisa terhubung dan mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan selama masa darurat dan pemulihan.

02 Des 2025, 12.25 WIB
44 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Telkomsel berkomitmen untuk memulihkan layanan komunikasi di daerah terdampak bencana.
  • Kolaborasi antara Telkomsel dan pemerintah sangat penting untuk menjaga konektivitas masyarakat.
  • Paket Siaga Peduli Sumatera menjadi bentuk dukungan Telkomsel bagi masyarakat yang terkena dampak bencana.
Aceh, Indonesia; Sumatera Utara, Indonesia; Sumatera Barat, Indonesia - Telkomsel bekerja keras untuk memulihkan layanan telekomunikasi yang terputus akibat banjir dan longsor di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Sebanyak 76,5% situs seluler dan 79,7% layanan IndiHome sudah normal kembali, membantu masyarakat tetap terhubung di masa sulit.
Pemulihan dilakukan dengan mengerahkan ratusan teknisi, menambah genset, serta memindahkan jalur transmisi dan backbone. Selain itu, BTS mobile dipasang di lokasi prioritas untuk memastikan sinyal dapat menjangkau pengungsi dan area bencana.
Telkomsel menyediakan Paket Siaga Peduli Sumatera yang bisa dinikmati tanpa biaya melalui kode UMB *888*20#. Paket ini berisi data dan telepon khusus untuk membantu komunikasi selama proses pemulihan.
Selain itu, Telkomsel membuka posko layanan bencana di sekitar 100 titik wilayah terdampak. Pelanggan bisa mendapatkan telepon dan SMS gratis, penggantian kartu, serta bantuan teknis seperti penggantian modem dan paket data.
Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid dan Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menegaskan pentingnya kolaborasi antara operator, pemerintah, dan instansi terkait untuk memastikan masyarakat terus mendapatkan akses informasi penting di tengah situasi darurat.
Referensi:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20251202121948-37-690298/jelang-nataru-telkomsel-pulihkan-layanan-bagikan-paket-gratis

Analisis Ahli

Meutya Hafid
"Kolaborasi antara operator dan pemerintah adalah kunci utama keberhasilan menjaga konektivitas masyarakat saat situasi darurat."
Nugroho
"Komitmen hadir di setiap situasi bencana menunjukkan keseriusan Telkomsel dalam memberikan layanan terbaik dan membantu masyarakat bangkit kembali."

Analisis Kami

"Pemulihan jaringan yang cepat dan inisiatif seperti Paket Siaga Peduli Sumatera sangat krusial untuk menjaga komunikasi selama masa krisis, namun keterbatasan infrastruktur di beberapa area sulit tetap menjadi tantangan utama yang perlu mendapat perhatian lebih. Kolaborasi multi-pihak dan inovasi teknologi harus terus dipacu agar respons serupa di masa depan bisa lebih efisien dan menjangkau wilayah paling terdampak secara optimal."

Prediksi Kami

Dengan upaya koordinasi dan teknologi yang terus ditingkatkan, jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak bencana akan sepenuhnya pulih dalam waktu dekat, mendukung kelancaran aktivitas masyarakat dan pemulihan pasca bencana.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dilakukan Telkomsel untuk memulihkan jaringan telekomunikasi di daerah terdampak bencana?
A
Telkomsel melakukan mobilisasi personel teknis, penempatan genset tambahan, dan penggelaran BTS mobile untuk memulihkan jaringan telekomunikasi.
Q
Berapa persentase layanan seluler dan IndiHome Telkomsel yang telah kembali normal?
A
Hingga saat ini, 76,5% layanan seluler dan 79,7% layanan IndiHome Telkomsel telah kembali normal.
Q
Apa isi dari Paket Siaga Peduli Sumatera yang ditawarkan oleh Telkomsel?
A
Paket Siaga Peduli Sumatera terdiri dari opsi 3 GB paket data untuk 7 hari atau 300 menit telepon dan 1.000 SMS ke semua operator untuk 7 hari.
Q
Siapa yang mengapresiasi langkah cepat Telkomsel dalam pemulihan layanan komunikasi?
A
Menteri Komunikasi dan Digital RI, Meutya Hafid, mengapresiasi langkah cepat Telkomsel.
Q
Apa saja dukungan yang diberikan Telkomsel kepada masyarakat terdampak bencana?
A
Telkomsel membuka Posko Layanan Pelanggan dan memberikan telepon serta SMS gratis, penggantian kartu, dan penyesuaian paket data bagi pelanggan terdampak.