Courtesy of TheVerge
Applebee’s dan IHOP Gunakan AI untuk Rekomendasi dan Tingkatkan Loyalitas Pelanggan
Menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan melalui rekomendasi yang dipersonalisasi dan alat bantu bagi staf restoran.
21 Jun 2025, 00.21 WIB
56 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Applebee's dan IHOP akan menggunakan AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.
- Teknologi AI di restoran lain seperti Wendy's dan McDonald's menunjukkan tren di industri makanan.
- Dine Brands mempertimbangkan alat AI untuk membantu staf restoran dalam operasional sehari-hari.
Amerika Serikat - Applebee’s dan IHOP, dua restoran besar di bawah Dine Brands, berencana untuk meluncurkan sistem personalisasi yang memakai kecerdasan buatan. Sistem ini akan merekomendasikan menu dan penawaran secara khusus berdasarkan riwayat pembelian pelanggan atau pelanggan serupa. Dengan teknologi ini, restoran berharap bisa meningkatkan pengalaman makan pelanggan dan membuat mereka kembali lagi.
Sistem AI yang dirancang oleh Dine Brands ini tidak hanya fokus untuk memberikan rekomendasi, tetapi juga untuk membantu mendorong penjualan produk tambahan. Justin Skelton, CIO dari Dine Brands, menjelaskan bahwa teknologi ini akan membantu restoran untuk membuat pelanggan merasa lebih dihargai melalui layanan yang lebih personal.
IHOP sudah memiliki data mengenai kebiasaan pelanggan melalui program reward mereka, sehingga penggunaan AI bisa langsung dimanfaatkan untuk memberikan rekomendasi yang akurat. Ini juga membuat strategi pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien dibanding cara tradisional.
Selain Applebee’s dan IHOP, restoran lain seperti Wendy’s, McDonald’s, dan Taco Bell juga sudah mengadopsi AI. Contohnya Wendy’s yang menggunakan chatbot AI di drive-thru untuk menerima pesanan dan menawarkan produk tambahan. McDonald’s juga sedang mengembangkan penggunaan AI dalam layanan drive-thru mereka.
Dine Brands juga mencoba mengimplementasikan AI untuk memperbaiki operasi internal restoran, seperti menggunakan kamera AI yang dapat mendeteksi meja yang kotor agar secepatnya dibersihkan. Mereka juga sedang menguji aplikasi AI untuk membantu para manajer dalam mengelola restoran sehingga operasi berjalan lebih lancar.
Sumber: https://theverge.com/news/690458/applebees-ihop-ai-restaraunt-recommendations
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tujuan dari mesin personalisasi yang diluncurkan oleh Applebee's dan IHOP?A
Tujuan dari mesin personalisasi adalah untuk memberikan rekomendasi dan penawaran yang disesuaikan berdasarkan pembelian sebelumnya.Q
Bagaimana mesin personalisasi ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan?A
Mesin personalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membantu dalam upselling produk.Q
Apa yang dilakukan Wendy's terkait teknologi AI di drive-thru?A
Wendy's telah menerapkan chatbot AI yang dapat mengambil pesanan dan upsell item menu di drive-thru.Q
Siapa yang menjadi perusahaan induk dari Applebee's dan IHOP?A
Perusahaan induk dari Applebee's dan IHOP adalah Dine Brands.Q
Apa rencana Taco Bell terkait teknologi AI di lokasi mereka?A
Taco Bell berencana untuk menerapkan teknologi 'Voice AI' di lebih dari 100 lokasi drive-thru di AS.