Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Fokus
Bisnis

Perusahaan Teknologi Besar Mengembangkan Inisiatif Periklanan Berbasis AI

Share

Beberapa perusahaan teknologi terkemuka seperti Amazon, Roku, dan LinkedIn memperluas usaha mereka dalam bidang periklanan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan fitur iklan dan pengalaman pengguna.

30 Jul 2025, 22.00 WIB

Startup Conversion: Inovasi AI Otomasi Marketing dari Dua Pengusaha Muda

Startup Conversion: Inovasi AI Otomasi Marketing dari Dua Pengusaha Muda
Conversion adalah startup teknologi yang mengembangkan alat otomasi pemasaran berbasis AI. Didirikan oleh Neil Tewari dan James Jiao, keduanya drop out dari UC Berkeley, startup ini awalnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemasaran yang kurang terlayani oleh alat-alat lama seperti HubSpot. Mereka mengadakan banyak wawancara dengan eksekutif pemasaran untuk mengerti kebutuhan pasar. Awal perjalanan mereka penuh tantangan, terutama dari sisi keuangan. Para pendiri sempat tinggal bersama lima orang lainnya dalam apartemen kecil supaya bisa menghemat biaya. Namun, dedikasi dan inovasi mereka menarik perhatian investor dengan penggalangan dana awal sebesar 2 juta dolar AS, yang kemudian berlanjut hingga pendanaan Seri A 28 juta dolar AS. Core produk Conversion adalah menggabungkan teknologi AI secara integral, seperti automatisasi email personal dan pengorganisasian lead. Ini membuat tools mereka sangat menarik bagi perusahaan menengah yang mencari pengganti alat-alat pemasaran lama yang kurang inovatif dengan integrasi AI yang kurang mendalam. Meski beroperasi di pasar yang kompetitif dan penuh dengan pemain besar dan startup AI lainnya, Conversion memposisikan dirinya dengan keunggulan fokus pada bisnis menengah yang sudah menggunakan alat lama dan ingin beralih ke solusi otomatis berbasis AI. Ini strategi yang diyakini akan membantu mereka berkembang dan meluas di pasar yang padat. Pendiri sekarang sudah menjalani kehidupan yang lebih stabil secara finansial dan lingkungan, setelah berhasil membangun perusahaan yang sudah mencapai hampir 10 juta dolar pendapatan tahunan. Kisah mereka menunjukkan bahwa ide sederhana yang dipadukan dengan riset pasar dan kerja keras dapat menghasilkan perusahaan teknologi sukses dengan solusi inovatif.
30 Jul 2025, 03.16 WIB

Reddit Hadirkan Penawaran Otomatis untuk Iklan Brand Awareness dan Reach

Reddit Hadirkan Penawaran Otomatis untuk Iklan Brand Awareness dan Reach
Reddit memperluas opsi penawaran otomatis iklannya untuk tujuan Brand Awareness dan Reach. Dengan fitur ini, pengiklan dapat lebih mudah mengoptimalkan anggaran iklan mereka agar kampanye berjalan lebih optimal di platform Reddit. Sebelumnya, fitur penawaran otomatis hanya tersedia untuk tujuan iklan seperti konversi dan pemasangan aplikasi, namun sekarang juga tersedia untuk meningkatkan jangkauan dan kesadaran merek melalui dua strategi penawaran otomatis yaitu biaya terendah dan batas biaya. Pengiklan yang sudah mencoba fitur ini melaporkan peningkatan 16% pada biaya per seribu tayangan (CPM) dan peningkatan impresi sebesar 17%. Ini menunjukkan bahwa penggunaan penawaran otomatis bisa meningkatkan hasil iklan secara signifikan. Reddit juga mengembangkan sistemnya dengan teknologi AI dan machine learning untuk memperbaiki target iklan dan hasil kampanye sehingga pengiklan bisa lebih tepat sasaran dan efektif dalam beriklan di platform ini. Fitur penawaran otomatis ini kini tersedia untuk semua pengiklan di seluruh dunia, baik yang menggunakan manajemen iklan mandiri maupun yang menggunakan layanan pengelolaan iklan Reddit, memudahkan semua jenis pengiklan untuk memanfaatkan teknologi ini.
29 Jul 2025, 02.01 WIB

Gopuff Hadirkan Layanan Pesan Camilan Instan Lewat Platform Streaming

Gopuff Hadirkan Layanan Pesan Camilan Instan Lewat Platform Streaming
Gopuff meluncurkan layanan baru bernama Concession Stand yang memungkinkan penonton menonton program di ESPN, Hulu, dan Disney+ untuk langsung memesan camilan dan minuman melalui QR code yang muncul di iklan selama tayangan. Dengan layanan ini, pemirsa bisa mendapatkan pesanan mereka dalam waktu cepat, yakni sekitar 15 menit, yang membuat pengalaman menonton semakin praktis dan menyenangkan. Kemitraan ini juga jadi peluang bagi merek untuk terhubung langsung dengan konsumen yang ingin membeli produk secara instan saat menonton acara favorit mereka. Tren ini juga terlihat dari kerja sama serupa antara perusahaan pengiriman seperti Instacart dan DoorDash dengan platform streaming Roku, yang memungkinkan penonton membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari melalui iklan yang interaktif. Gopuff menekankan bahwa jaringan logistik dan pemenuhan nasional yang sudah dibangun selama lebih dari 12 tahun menjadi kunci utama kesuksesan layanan ini dalam memenuhi kebutuhan konsumen secara cepat.
28 Jul 2025, 16.23 WIB

Amazon Ads: Mesin Pendapatan Baru Bernilai Miliaran Dolar

Amazon Ads: Mesin Pendapatan Baru Bernilai Miliaran Dolar
Amazon bukan hanya tentang e-commerce dan komputasi awan. Kini, Amazon Ads tumbuh pesat menjadi sumber pendapatan yang sangat menguntungkan. Dengan menggunakan data pengguna dan riwayat belanja, Amazon membuat iklan yang sangat tepat sasaran dan mudah mengukur hasilnya. Ini membawa Amazon ke posisi ketiga di dunia dalam bisnis iklan digital setelah Google dan Meta. Pertumbuhan Amazon Ads didukung oleh kemampuan unik dalam mengubah perilaku pengguna menjadi peluang bisnis iklan. Amazon menggunakan data belanja untuk menghubungkan merek dengan konsumen yang sudah memiliki niat membeli. Hal ini menjadikan Amazon Ads sangat efisien dan menarik bagi banyak brand yang ingin meningkatkan penjualan. Amazon juga memperluas bisnis iklannya ke platform lain seperti Prime Video, Twitch, dan Fire TV. Dengan lebih dari 200 juta penonton Prime Video, iklan di video streaming ini jadi sumber pendapatan baru yang potensial mencapai miliaran dolar dalam beberapa tahun ke depan. Ini membuat bisnis iklan Amazon makin solid dan beragam. Selain itu, Amazon meluncurkan Retail Ad Service yang membuka teknologi iklannya untuk retailer lain secara SaaS. Ini mirip dengan strategi AWS yang sudah sukses membawa layanan cloud Amazon ke banyak perusahaan lain. Dengan begitu, Amazon membangun ekosistem iklan lengkap yang mencakup semua tahap perjalanan konsumen. Bisnis iklan Amazon masih terus berkembang dengan cepat dan diprediksi akan terus menjadi pendorong utama kenaikan margin keuntungan serta pendapatan perusahaan. Bagi investor jangka panjang, bisnis ini sangat penting untuk diikuti karena bisa mengubah masa depan Amazon menjadi lebih menguntungkan dan berpengaruh.
28 Jul 2025, 03.19 WIB

Pembaruan Penting Iklan LinkedIn yang Harus Kamu Ketahui Sekarang

Pembaruan Penting Iklan LinkedIn yang Harus Kamu Ketahui Sekarang
LinkedIn terus memperbarui sistem iklannya untuk membantu para pemasar dan pelaku bisnis digital dalam mencapai target mereka dengan lebih efektif. Namun, tidak semua orang sadar akan pembaruan ini karena banyaknya informasi yang tersedia setiap hari. Social Media Today menyediakan rangkuman dan infografis yang mudah dipahami mengenai pembaruan terbaru dari LinkedIn, sehingga membantu pengguna agar tidak melewatkan fitur penting yang dapat meningkatkan hasil iklan mereka. Memberikan perhatian pada pembaruan ini penting agar strategi pemasaran di LinkedIn dapat disesuaikan dan dioptimalkan, sehingga proses menjangkau audiens yang tepat menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan memahami perubahan ini, pengguna LinkedIn dapat memperbaiki cara mereka membuat dan mengelola iklan, serta meningkatkan efektivitas budget pemasaran yang digunakan. Untuk informasi lengkap dan update harian lainnya, pembaca dianjurkan untuk mengikuti newsletter dari Social Media Today dan sumber resmi LinkedIn agar selalu mendapatkan berita terkini.
24 Jul 2025, 13.01 WIB

Pengaruh AI dalam Meningkatkan Pendapatan Industri Hiburan dan Media Global

Pada masa ekonomi yang penuh ketidakpastian seperti inflasi dan perubahan kebijakan perdagangan, konsumen menjadi lebih berhati-hati dalam pengeluaran terutama untuk hiburan dan media yang dianggap bukan kebutuhan utama. Hal ini menimbulkan tantangan bagi industri hiburan dan media global yang ingin terus tumbuh dan menghasilkan pendapatan. Menurut laporan PwC, penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam periklanan dapat menjadi solusi penting untuk meningkatkan pendapatan industri tersebut. Diprediksi penggunaan AI akan membantu memperbesar pemasukan hingga mencapai 3,5 triliun dolar AS pada tahun 2029, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 3,7%. Selain kemajuan di area digital, segmen non-digital seperti acara langsung atau live events juga turut menopang pertumbuhan industri. Format digital sendiri akan semakin dominan, naik dari 72% pada 2024 menjadi 80% pada 2029 berkat teknologi baru seperti personalisasi yang sangat tepat sasaran melalui AI. Pendapatan iklan dari connected TV juga menunjukkan pertumbuhan signifikan yang diperkirakan mencapai 51 miliar dolar AS pada 2029. Demikian pula, industri video game juga diproyeksikan tumbuh pesat sampai mencapai kurang lebih 300 miliar dolar AS di tahun tersebut, memperkuat posisi industri hiburan sebagai sektor yang menguntungkan. Bart Spiegel, pemimpin global di bidang hiburan dan media PwC AS, menyatakan pentingnya perusahaan untuk tetap lincah dan inovatif dengan teknologi agar dapat memenuhi harapan konsumen yang menginginkan konten kreatif dan disesuaikan dengan selera mereka, terutama saat iklan menjadi salah satu sumber utama pendapatan di tengah tekanan ekonomi.

Baca Juga

  • Munculnya Alternatif Internet Cepat dan Terjangkau di Indonesia

  • Perusahaan Teknologi Besar Mengembangkan Inisiatif Periklanan Berbasis AI

  • Kesepakatan Tarif AS-Uni Eropa Berpengaruh pada Pasar Teknologi dan Investasi

  • Figma Meluncurkan IPO Besar, Mengumpulkan Hampir $1 Miliar

  • AI Mengubah Proses Hukum dan Warisan